SMPN 14 Palopo Terima Siswa Baru Asal Luwu Lebih Banyak, Ini Alasannya

64
Kepala SMPN 14 Palopo, Arifin Jumak.
ADVERTISEMENT

PALOPO–Tahun ajaran 2021/2022, SMPN 14 Palopo akan menerima 128 peserta didik. Hal itu diungkapkan kepala sekolah SMPN 14 Palopo, Arifin Jumak.

Kuota itu sesuai dengan yang ditetapkan Dinas Pendidikan Palopo. “Jumlah tersebut sudah ditetapkan oleh Disdik, karena lulusan SD yang tinggal sekitar sini (sekolah, red), kurang,” katanya.

ADVERTISEMENT

Menurutnyam sebagian besar siswa SMPN 14 Palopo, berasal dari Kabupaten Luwu. “Kalau yang orang Palopo, cuma beberapa, justru siswa yang mendominasi dari Luwu, kebetulan aksesnya juga lumayan dekat,” ujar Arifin.

Diketahui, SMPN 14 Palopo berada di wilayah Kecamatan Telluwanua, dimana lokasinya lebih dekat dengan Kecamatan Walenrang. Sehingga, karena keberadaan SMPN 14 Palopo ini berada di wilayah batas Palopo-Luwu, sehingga banyak calon siswa baru asal Luwu di wilayah Walenrang memilih melanjutkan pendidikan ke SMPN 14 Palopo.

ADVERTISEMENT

Pihaknya berharap dari kuota yang disiapkan dapat terpenuhi, sehingga dapat memberikan nuansa dan semangat baru bagi masyarakat Sekolah.

“Kita guru juga semangat kalau sekolah bisa ramai, meskipun situasi sekarang dalam kondisi yang tidak biasa kami tetap berharap kuota yang dibuka bisa terpenuhi,” pungkasnya.

ADVERTISEMENT

“Alhamdulillah, hari pertama penerimaan (21/6, red), sudah lebih dari 1 rombongan belajar (rombel) yang mendaftar,” terang Arifin.

Ia menjelaskan, pendaftaran dilakukan secara online, baik dari rumah maupun datang langsung ke sekolah, melalui laman resmi Disdik Kota Palopo, di https://ppdb.palopokota.go.id/

“Serentak, kita buka semua jalur. Jadi calon peserta didik bisa mendaftar sesuai jalur yang diinginkan,” jelasnya.

Adapun jalur pendaftaran yang tersedia: -Jalur Zonasi, -Jalur Afirmasi, -Jalur Prestasi, dan -Jalur Perpindahan Orang Tua.

Peserta yang dinyatakan lulus verifikasi pemberkasan, kemudian diumumkan secara online melalui laman yang dibagikan kepada tiap-tiap Calon Peserta Didik, pada tanggal 8 Juli mendatang.

Setelah dinyatakan lulus, calon peserta didik baru, kemudian melakukan pendaftaran ulang, pada tanggal 8 Juli hingga 10 Juli 2021. (har/liq)

ADVERTISEMENT