SMPN 3 Palopo Gelar Sosialisasi Parenting Class

226

PALOPO – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Palopo bersama Komite Sekolah menggelar sosialisasi tentang kelas orang tua (Parenting Class) bagi warga sekolah dan orang tua siswa kelas VII. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang kesenian itu diikuti orang tua siswa kelas VII, wakil kepala sekolah, wali kelas, serta pengurus komite SMPN 3 Palopo, Senin (2/9/2019).

Pengurus Komite SMPN 3 Palopo, Baso Aslami, menjelaskan Patenting Class merupakan upaya pendidikan yang dilaksanakan keluarga dengan memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia dalam keluarga dan lingkungan. “Berbentuk kegiatan belajar secara mandiri. Parenting sebagai proses interaksi berkelanjutan antara orang tua, sekolah dan siswa,” katanya.

sementara itu, Haerul Paripi guru SMPN 3 Palopo, mengatakan parenting class untuk membangun silahturahmi antara guru dan orang tua murid. Dimana dibutuhkan komitmen orang tua untuk bisa membantu sekolah dalam melaksanakan proses pembelajaran.

“Program parenting class ini, baru SMPN 3 Palopo yang menerapkannya. Dan menurut pemerintah, SMPN 3 sudah berada di atas rata-rata pembelajaran dari sekolah yang lain,” katanya.

Asriana Asis, salah satu orang tua siswa yang menghadiri pertemuan tersebut, sangat mendukung program parenting class yang diterapkan di SMPN 3 Palopo.

“Saya selaku orang tua sangat mendukung program ini. Saya bisa memantau secara langsung proses belajar anak saya tentunya melalui wali kelas dan bisa saling tukar pikiran dengan orang tua siswa yang lainnya, dalam memajukan pembelajaran anak-anak kami,” katanya.

Setelah penjelasan dari komite sekolah tentang parenting class, orang tua siswa diberi kesempatan untuk melihat ruang kelas anak-anak mereka, dan kemudian berdiskusi untuk pembenahan ruang kelas siswa yang akan melibatkan orang tua dan pihak sekolah. (fit/liq)