SMPN 3 Palopo Gunakan Beraneka Aplikasi untuk PTS Daring dan Luring

114
Kunjungan guru ke rumah orang tua siswa yang mengikuti PTS secara luring.
ADVERTISEMENT

PALOPO–Pelaksanaan Ujian Tengah Semester (PTS) SMPN 3 Palopo yang dilaksanakan selama 6 hari dari 21-26 September berjalan dengan baik dan lancar.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll
PTS yang dilaksanakan secara daring dan luring ini diikuti sebanyak 963 siswa, dimana untuk hanya sebanyak 35 siswa yang mengikuti secara luring.

Wakasek Bidang Kurikulum, Hairun kepada Koran SeruYa mengatakan bagi siswa yang melaksanakan PTS secara luring, pihak sekolah melakukan kunjungan kepada siswa tersebut dan diberikan soal ujian.

“Siswa yang melaksanakan PTS secara luring, kami kunjungi untuk diberikan soal-soal ujian, dimana guru mata pelajaran didampingi guru BK mengunjungi siswa tersebut dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19, hal ini kami lakukan karena beberapa siswa kami ada yang tidak memiliki fasilitas HP dan terkendala jaringan,” ujar Hairun.

Sementara itu bagi siswa yang melaksanakan PTS secara daring, Hairun menambahkan bahwa pihak sekolah menggunakan beberapa aplikasi yakni aplikasi Google Form, Google Meet, Aplikasi Classroom, aplikasi Quizizz dan WhatsApp.

ADVERTISEMENT

“Aplikasi yang kami gunakan, disesuaikan dengan kebutuhan siswa, apabila mereka tidak bisa mengikuti ujian PTS menggunakan aplikasi Google Form, bisa menggunakan aplikasi lainnya,” kata Hairun.

Adapun aplikasi Quizizz ini adalah aplikasi baru yang digunakan oleh beberapa guru di sekolah ini.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi untuk membuat permainan yang interaktif tetapi masih bisa disangkutpautkan dalam materi pelajaran di kelas. Quiz ini terdiri dari satu soal dan 4 pilihan jawaban termasuk jawaban benar diantara pilihan tersebut. Pada soal maupun pilihan bisa diberikan gambar.

Selain itu data dan statistik yang dikerjakan siswa dapat diberikan oleh Quizizz ini. Guru juga bisa mengetahui siswa yang mendapatkan skor paling tinggi. Quiz tidak hanya bisa dikerjakan di kelas saja atau saat mata pelajaran sedang berlangsung. Quiz ini bisa menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi siswa dan memiliki batas pengerjaannya. Quiz ini dapat dimainkan oleh siswa kapan saja dan dimana saja asalkan tidak melebihi batas waktu yang sudah ditentukan. (jun)

ADVERTISEMENT