SMPN 3 PALOPO: Terapkan Wawasan Wiyata Mandala

122

PALOPO–Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Palopo, menerapkan konsep Wiyata Mandala di setiap tingkatan yang hasilnya akan diumukan tiap minggu, Senin (21/10/2019).

Kepala SMPN 3 Palopo, Kartini Alwi, mengatakan wawasan Wiyata Mandala merupakan konsepsi atau cara pandang, bahwa sekolah adalah lingkungan atau kawasan penyelenggaraan pendidikan.

“Wawasan Wiyata Mandala ini, tertuang dalam Pasal 3 UU Sistem Pendidikan Nasional, yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab,” katanya.

“Tiap hari ada tim kebersihan yang akan selalu memantau kebersihan kelas, baik itu di luar maupun di dalam kelas, dan hasilnya diumumkan setelah upacara pada hari senin,” terang Kartini.

Lebih lanjut Kartini mengatakan, “bingkisan yang diberikan dari sekolah, berupa peralatan penunjang kebersihan bagi kelas yang mendapatkan juara,” pungkasnya. (Fit)