SMPN 4 Palopo Gelar Ujian Praktek Pembuatan Tanaman Hidroponik

12
ADVERTISEMENT

PALOPO – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Palopo, menggelar ujian akhir sekolah berbasis projek membuat pembuatan Hidroponik. pembuatan Hidroponik. Sebelumnya, para siswa telah mengikuti ujian dengan tema melukis kalimat motivasi.

Ujian yang diikuti oleh siswa kelas 9 sebanyak 224 orang dari 7 rombel itu berlangsung selama 3 hari mulai 13 hingga 15 mei 2024.

ADVERTISEMENT

Kepala smp negeri 4 Palopo, HJ Sitti Hadijah mengatakan pembuatan hidroponik ini dilakukan karena merupakan salah satu materi pembelajaran yang ada di kelas 9 untuk kurikulum 13.

“Peserta didik diajarkan menanam dengan media air tanpa menggunakan tanah mengingat kondisi lingkungan yang ada sekarang berlahan sempit,” ujarnya.

ADVERTISEMENT

“Sehingga diharapkan para siswa mampu mengelaborasi diri bagaimana memiliki kemampuan memanfaatkan lahan sempit agar tetap hijau, higienis dan pola hidup sehat,” tambah Sitti Hadijah.

Pada kesempatan yang sama, salah seorang siswa, Aisyah Akram mengatakan, dari pembuatan hidroponik ini dirinya bisa mendapatkan beberapa manfaat.

ADVERTISEMENT

“Kita dapat mengetahui cara menanam tanpa menggunakan tanah dan tentunya meningkatkan kerjasama antar teman,” katanya.

Selain ujian berbasis proyek dengan tema pembuatan hidroponik, tahun ini SMP Negri 4 palopo juga menghadirkan 2 tema lain yaitu melukis tulisan motivasi dan prakarya membuat makanan tradisional. (Ian/Nad)

ADVERTISEMENT