SMPN 9 Palopo Komitmen Tingkatkan Mutu Pendidikan

71

PALOPO – SMPN 9 Palopo terus melakukan pembenahan. Baik itu dalam bidang akademik maupun non akademik. Diberbagai kesempatan pun, Kepala Sekolah SMPN 9 Palopo, Iding Nangke selalu mengungkapkan pikahnya sedang berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah yang dia pimpin.

Hasilnya dapat dilihat saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Pendaftar melampaui kuota yang diberikan. SMPN 9 Palopo sendiri memiliki kuota 224 siswa dengan tujuh rombongan belajar (Rombel), sedang yang mendaftar membludak hingga mencapai 250 calon siswa lebih.

Melihat hal tersebut, antusias orang tua siswa untuk menyekolahkan anak mereka ke SMPN 9 Palopo cukup tinggi. “Alhamdulillah, pendaftar membludak melampaui kuota yang diberikan kepada kami. Walaupun letak sekolah kami berdekatan dengan perbatasan Palopo-Luwu, tapi kami selalu berupaya meningkatkan mutu pendidikan,” jelas Iding Nagke saat itu.

Hadirnya pendidik berprestasi turut mempengaruhi kualitas mutu SMPN 9 Palopo. Salah satunya ialah Rizna Azis, peraih medali emas di ajang Olimpiade Guru Nasional (OGN) pada Mei 2019 silam.

Dengan prestasi di cabang lomba bidang SMP Mata Pelajaran IPS tersebut, Risna berhak membawa pulang medali emas dan sejumlah hadiah. Sebelumnya ia merupakan pemenang di tingkat Provinsi 2 tahun berturut-turut sehingga berhak mewakili Sulsel ke tingkat Nasional.

Di tingkat Nasional, guru yang merupakan alumni Unhas Makassar ini bersaing dengan 40-an guru se-Indonesia. Risna mengaku prestasi ini didedikasikan kepada dunia pendidikan Kota Palopo.

“Kami punya pendidik yang telah berprestasi di tingkat nasional. Kami bekerja sama yang baik demi siswa yang kami didik disini. Pasti kami ingin yang terbaik bagi mereka,” pungkasnya. (liq)