Soal Penanganan Banjir, Gubernur Sulsel Minta Pemda Tak Usah Risau, Pemprov Punya Dana Tanggap Darurat

114

MAKASSAR–Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, meminta sejumlah pemerintah daerah (Pemda) tak risau dalam penanganan banjir. Pemerintah provinsi sudah menyiapkan dana talangan untuk wilayah terdampak bencana.

Nurdin meminta, masyarakat dan Pemda tak merasa sendiri menangani bencana akibat cuaca ekstrem ini. Pemprov selalu hadir untuk memberikan bantuan kepada 24 kabupaten/kota, katanya Selasa (14/1/2020).

“Tak perlu risau, untuk dana tanggap darurat, ada beberapa sumber pembiayaan, misalnya dari Dinas Sosial untuk perbaikan rumah,” kata gubernur.

Untuk mengatasi banjir agar tidak terus menerus terjadi, kata dia lagi, maka langkah-langkah preventif juga harus mulai dilakukan secara terpadu, mulai dari hulu ke hilir.

“Karena itu, Pemda di tingkat kabupaten/kota harus dapat bersinergi, kita di Provinsi membackup,” ucapnya.

“Jadi, apapun yang dikerjakan di hilir untuk mengatasi luapan air, tidak akan maksimal, jika tidak mengatasi masalahnya yang dimulai dari hulu. Karena itulah, kita butuh sinergi antardaerah, termasuk dengan Pemprov Sulsel untuk menanggulanginya. Kalau kita tidak menjaga di hulu akan sulit, dan sangat perlu dilakukan konservasi. Karena air itu butuh jalan, butuh tempat, jadi air pasti akan mencari tempat yang paling rendah,” sebut Nurdin. (Iys)