Sobec Ajak Warga Lutim Kurangi Sampah Plastik

160

LUTIM – Untuk mengurangi dampak global akibat dari tingginya penggunaan kemasan plastik, Sorowako Bicycle Community (Sobec) bekerjasama dengan PT. Vale Indonesia menggelar Wastefreeday Funbike di Lapangan Camp Site Sorowako, Sabtu (03/08/2019).

Kegiatan ini merupakan kampanye massal yang di kemas dengan kegiatan olahraga bersepeda santai sekaligus menanamkan sejak dini kepada generasi muda agar peduli terhadap lingkungan dengan mengurangi penggunaan kemasan plastik sekali pakai.

Wastefreeday Funbike ini dibuka Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler dan hadir pula Wakil Bupati, Irwan Bachri Syam yang dimeriahkan dengan hadirnya Putri Indonesia Lingkungan Hidup Tahun 2017. Uniknya, setiap peserta yang mengikuti Funbike ini harus mendaftarkan diri dengan membawa sampah plastik untuk bank sampah.

“Selaku Pemerintah daerah, saya mengapresiasi konsen komunitas Sobec bersama PT. Vale Indonesia terhadap penggunaan sampah plastik. Semestinya kegiatan seperti ini harus rutin dilakukan agar anak-anak selalu bersemangat menjaga lingkungan,” kata Husler.

“Harapan kita semua untuk masyarakat Luwu Timur khususnya warga Sorowako dapat terbebas dari sampah plastik. Semua elemen terkait harus mendukung pengurangan sampah plastik ini,” tambahnya.

Orang nomor satu di Luwu Timur ini juga mengatakan, kegiatan ini selain mengajarkan anak-anak untuk rajin berolahraga juga untuk menanamkan kepedulian sejak dini untuk ikut menjaga dan melestarikan lingkungan yang terawat bersih dan sehat.

Kegiatan yang dihadiri sekitar 830 peserta ini, dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti Workshop Daur Ulang, WorkShop EcoBrick, Donasi Bank Sampah, Photo Contest dan Talkshow Duta Lingkungan.

Acara ini juga di hadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Andi Tabacina Akhmad dan Camat Nuha, Masdin. Acara juga dimeriahkan dengan performance band akustik lokal. (ikp/kominfo)