Solusi Pesta Demokrasi Damai, Sekda Palopo Tekankan Pendidikan Politik

30
Sekda Kota Palopo, H Firmanza DP menghadiri Forum Diskusi Politik Tahun 2022, dengan tema komitmen untuk mewujudkan kondisi damai selama pelaksanaan PEMILU dan PILKADA serentak tahun 2024. (Foto : Pemkot Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Sekda Kota Palopo, H Firmanza DP menghadiri Forum Diskusi Politik Tahun 2022, dengan tema komitmen untuk mewujudkan kondisi damai selama pelaksanaan PEMILU dan PILKADA serentak tahun 2024. Kegiatan itu berlangsung di Aula Bakesbangpol Palopo, Senin (12/12/2022).

Sekda dalam penyampaiannya mewakili Walikota Palopo, HM Judas Amir mengatakan untuk kelancaran pelaksanaan Pemilu dan Pilkada yang damai, penyelenggara harus optimis dan semangat dalam langkah kesiapan serta antisipasi menghadapi Pesta demokrasi 2024 itu.

ADVERTISEMENT

“Pendidikan politik harus digencarkan. Sebab Masyarakat pada umumnya tidak mengetahui dan memahami apa hak dan kewajiban mereka sebagai warganegara,” kata Sekda Palopo.

“Mereka hanya hidup berdasarkan kepentingan mereka masing-masing dan tanpa peduli dengan hak dan kewajiban sebagai masyarakat,” sambungnya.

ADVERTISEMENT

Padahal kata Firmanza, jika mereka menggunakan hak dan kewajiban mereka sebagai warganegara dalam partisipasi politik, mereka dapat turut serta merubah pola pemerintahan yang dapat mempengaruhi hidup mereka.

“Hal tersebut terjadi akibat kurangnya pendidikan politik terhadap rakyat. Dan masyarakat sendiri kurang begitu paham mengenai pendidikan politik yang seperti ini,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

“Lewat pendidikan masyarakat seharusnya dapat memecahkan permasalahan. Pendidikan politik harusnya membina dan mengembangkan pengetahuan masyarakat dalam kehidupan politik guna meningkatkan berpartisipasi masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” lanjutnya.

Turut Hadir dalam kegiatan ini, unsur Forkopimda, Kepala Kesbangpol Palopo, Hasanuddin dan jajaran tekait lainnya. (ayb)

ADVERTISEMENT