BPS Palopo Gelar Buka Bersama di rangkaikan Sosialisasi Sensus Penduduk Long Form 2020

85
Badan Pusat Statistik (BPS) Palopo, menggelar sosialisasi sensus penduduk lanjutan yang akan dilaksanakan pada Bulan Mei 2022, mendatang. Dimana sosialisasi tersebut dirangkaikan dengan buka puasa bersama mitra BPS, Senin (18/4/2022). (Foto : Haswan Hasanuddin)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Badan Pusat Statistik (BPS) Palopo, menggelar sosialisasi sensus penduduk lanjutan yang akan dilaksanakan pada Bulan Mei 2022, mendatang. Dimana sosialisasi tersebut dirangkaikan dengan buka puasa bersama mitra BPS, Senin (18/4/2022).

Kepala BPS Palopo, Muhammad Rismat, mengatakan mengatakan selain buka bersama juga dilakukan sosialisasi tentang pentingnya mendapatkan informasi terkait kependudukan.

Dimana mitra BPS Palopo dalam hal ini adalah Pemerintah Kota Palopo, Mahasiswa termasuk masyarakat. “Ini sangat penting untuk mendapatkan informasi terkait dengan kependudukan untuk melihat proyeksi penduduk kedepannya,” kata Muhammad Rismat.

Selain itu, dia menyebut sensus penduduk 2020 (SP2020) memasuki babak baru. Setelah melalui pelaksanaan sensus Penduduk Online (SP Online) dan Sensus Penduduk September (SP September).

ADVERTISEMENT

“Selanjutnya BPS akan melaksanakan SP2020 Lanjutan (Long Form SP2020). Kegiatan yang sempat tertunda dan mengalami penghentian akibat pandemi Covid-19 di tahun 2021 ini akhirnya bisa dilaksanakan pada bulan Mei hingga Juni 2022,” katanya.

Sementara itu, Ketua Bidang Dokumentasi, Komunikasi, Publisitas dan Manajemen Resiko LF SP2020 BPS Kota Palopo, Rhadyan Gemabwana menuturkan SP2020 lanjutan ini penting dilaksanakan untuk menyediakan parameter demografi serta karakteristik penduduk lainnya dalam perencanaan dan evaluasi pembangunan.

Pendataan lapangan SP2020 Lanjutan akan melibatkan masyarakat secara langsung, pengurus Satuan Lingkungan Setempat (SLS) seperti RT/RW, dan petugas sensus.

Menurutnya Kompleksitas pendataan dan perubahan proses bisnis di tengah situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir menjadi tantangan yang harus dihadapi. Keberhasilan pelaksanaan SP2020 Lanjutan merupakan tanggung jawab bersama.

“Untuk menjawab tantangan tersebut, dilakukan rancangan publisitas yang tepat sasaran, terstruktur, dan terorganisir untuk menyukseskan gelaran SP2020 Lanjutan sebagai rangkaian kegiatan SP2020,” jelasnya. (hwn/liq)

ADVERTISEMENT