Srikandi Tana Luwu Berebut Kursi DPR RI, Siapa Berpeluang?

185
ADVERTISEMENT

PALOPO — Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerima pendaftaran calon legislatif untuk pemilu 2024 pada 1 Mei 2023. Dari bocoran yang ada, sejumlah caleg perempuan atau srikandi asal Tana Luwu berebut kursi DPR RI Dapil III Sulsel. Mereka diantaranya adalah istri Bupati Luwu, Hayarna Hakim, pengusaha Putri Dakka dan pengusaha Dewi Sartika Pasande.

Hayarna Hakim akan bergabung dengan partai Nasdem bersama dengan Putri Dakka yang juga Ketua Nasdem Luwu Utara. Pada pemilu 2019 silam, Nasdem berhasil meraih dua kursi di Dapil III Sulsel yang meliputi, Luwu Raya, Toraja, Toraja Utara, Enrekang, Sidrap dan Pinrang. Kursi tersebut diraih oleh Ketua Nasdem Sulsel, Rusdi Masse dan istri mantan Wakil Bupati Toraja, Eva Stevany Rataba.

ADVERTISEMENT

Jika melihat komposisi caleg 2024, Nasdem berpeluang besar mempertahankan dua kursi tersebut. Satu kursi dipastikan milik Rusdi Masse yang pada pileg lalu meraih 100 ribu lebih suara. Hayarna Hakim dan Putri Dakka serta caleg Nasdem lainnya di Dapil III Sulsel akan berebut kursi kedua.

Adapun Dewi Sartika Pasande akan bergabung dengan Partai Demokrat. Pemilik pabrik kelapa sawit PT Jas Mulia ini akan berebut suara dengan anggota DPR RI, Dhevy Bijak yang meraih satu kursi partai Demokrat pada pemilu 2019 lalu. Dhevy meraih sekitar 46 ribu suara. Sejauh ini baik Dhevy maupun Dewi Sartika sudah bergerak dan membentuk tim pemenangan. Termasuk melakukan sosialisasi di tengah-tengah masyarakat. (***)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT