Strategi Pencegahan Korupsi, Walikota Palopo Hadiri Webinar Bersama KPK

23
Walikota Palopo, HM Judas Amir menghadiri webinar bincang stranas PK. Webinar ini dilaksanakan dalam rangka mempercepat capaian integrasi perencanaan penganggaran pemerintah tingkat daerah dan tingkat pusat. (Foto: Dok. Kominfo Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Walikota Palopo, HM Judas Amir menghadiri webinar bincang stranas PK. Webinar ini dilaksanakan dalam rangka mempercepat capaian integrasi perencanaan penganggaran pemerintah tingkat daerah dan tingkat pusat.

Kegiatan itu dilaksanakan di Kantor Walikota Palopo secara Virtual Aplikasi Zoom dan Disiarkan live streaming Starnas PK Official, Kamis (24/11/2022).

ADVERTISEMENT

Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan dalam penyampaiannya menjelaskan RPJMN 2020-2024, telah menetapkan penerapan manajemen risiko sebagai salah satu indikator tata kelola pemerintahan yang akuntabel, efektif dan efisien dalam mendukung peningkatan kinerja seluruh dimensi pembangunan.

“Strategi Nasional Pemberantasan Korupsi (Stranas PK), yang bermaksud menyampaikan pokok-pokok perbaikan dan penyempurnaan sistem informasi perencanaan penganggaran sebagai bagian dari rencana Aksi tahun 2023-2024 kepala seluruh Pemerintah Daerah,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

Ada beberapa pembahasan dalam rapat Starnas PK, yang disampaikan pemateri. Termasuk arah kebijakan pencegahan korupsi melalui digitalisasi perencanaan penganggaran yang disampaikan, Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK, koordinator Stranas PK, Perkembangan dan Arah Kebijakan.

Penerapan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) disampaikan Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri RI, Kerangka Continuous Audit.

Continous Monitoring (CACM) dalam upaya peningkatan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah yang dibawakan Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Pendekatan Integrasi SIPD dan CACM dibawakan Direktur Pusilkom UI.

Kebijakan ini ditujukan untuk memberikan fasilitas dan mendorong terwujudnya sistem data dan informasi pembangunan, informasi keuangan serta informasi pemerintahan lainnya bagi pengambilan keputusan baik di daerah maupun di pusat.

Sistem ini juga diharapkan dapat meningkatkan kinerja pemerintah daerah melalui kerjasama berbasis teknologi sehingga dapat membangun database yang ada di daerah serta dapat menggambarkan potensi dan sumberdaya yang dimiliki daerah dalam mendukung pengembangan sistem informasi pengelolaan daerah yang valid dan akurat.

Turut hadir Wali kota Palopo, HM Judas Amir, Kepala Dinas PUPR, Harianto, Kepala Dinas Bapedda ,Hj. Raodatul Jannah, Sekertaris Daerah Kota Palopo, H Firmanza DP, Kepala BPKAD Palopo, Irfan Dahri, serta tamu undangan lainnya. (rls)

ADVERTISEMENT