Suaib Mansur Minta Pramuka Berkontribusi di Bidang Pertanian

62
ADVERTISEMENT

LUWU UTARA — Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur mengajak gerakan Pramuka Luwu Utara berkontribusi di bidang pertanian dalam rangka peningkatan produksi pangan. Hal itu disampaikan Suaib saat memimpin rapat kerja cabang gerakan Pramuka Kabupaten Luwu Utara di Ruang Rapat Wakil Bupati Luwu Utara baru-baru ini.

Alasannya, Suaib menilai sebagai kabupaten yang memiliki luas tanam hingga puluhan ribu hektar dengan potensi pertanian yang besar sudah selayaknya gerakan Pramuka turut andil di dalamnya. “Untuk itu kita akan aktifkan satuan kerja atau saka di masing-masing unit untuk menjadi pionirnya misalnya saka taruna bumi untuk pertanian,” kata Suaib yang juga merupakan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Luwu Utara.

ADVERTISEMENT

Terlebih Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo pernah mengatakan gerakan pramuka menjadi kekuatan bangsa ibarat oksigen yang harus dihirup oleh semua anak bangsa. “Sehingga pamuka harus menjadi gerakan kemanusiaan yang memiliki kepedulian yaitu harus peduli lingkungan,” tutur Suaib mengingatkan.

Tidak hanya di bidang pertanian, Suaib juga menyampaikan tentang rencana pembentukan saka dirgantara untuk pemetaan atau penggunaan drone bandara yang sifatnya perhubungan. “Saya pikir memang untuk menghadirkan Pramuka di masyarakat harus ada kegiatan yang massif sehingga keberadaan Pramuka ini terlihat,” sambungnya.

ADVERTISEMENT

Adapun rencana kerja tahun 2023, Suaib menuturkan sedapat mungkin menyesuaikan dengan kwartir provinsi dan nasional. Salah satunya mengikuti wirakarya di tingkat daerah dan raimuna tingkat nasional. “Termasuk program kerja yang belum kita selesaikan di tahun 2022 salah satunya pelantikan kwartir ranting di setiap kecamatan akan menjadi bagian agenda kita di tahun ini,” jelas Suaib. (rls/roy)

ADVERTISEMENT