Sudah Lama Rusak dan Rawan Lakalantas, Jalan Beton Akhmad Razak Palopo akan Dipermulus

794
Salah satu titik ruas jalan beton Akhmad Razak Palopo yang berlubang.
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA.COM–Kabar baik bagi pengguna jalan beton Akhmad Razak di Kota Palopo, Sulsel. Jalan beton Akhmad Razak yang sudah lama dikeluhkan pengguna jalan lantaran banyak ruasnya berlubang dan rusak, mulai mendapat perhatian Pemkot Palopo. Tahun ini, jalan tersebut akan dipermulus melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Palopo.

Kepala Bidang (Kabid) Binamarga PUPR Palopo, Yulianus, mengatakan, jalan beton Akhmad Razak salah satu jalan dalam wilayah Kota Palopo yang akan diperbaiki. Anggaran perbaikannya telah diusulkan dalam Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan Tahun Anggaran (TA) 2021. Anggaran yang diusulkan untuk perbaikan jalan di Palopo mencapai angka Rp7 miliar.

ADVERTISEMENT

Ada tiga ruas jalan di Kota Palopo yang akan dipermulus dengan estimasi anggaran mencapai Rp7 miliar. Khusus jalan beton Ahmad Razak dan ruas jalan Sawerigading, anggaran perbaikannya menurut Yulianus mencapai angka Rp5 miliar.

Selain dua ruas jalan tersebut, PUPR Palopo juga akan mengaspal jalan di Songka. “Tetapi prioritas perbaikan jalan beton Akhmad Razak dan poros Sawerigading sekitar 4 Km, dengan anggaran mencapai Rp5 miliar,” katanya.

ADVERTISEMENT

“Sedangkan pengaspalan jalan di Songka mencapai 600 meter dianggarkan sekitar Rp2 miliar,” lanjutnya.

Menurut Yulianus, jalan beton Akhmad Razak mendapat perhatian Pemkot Palopo karena jalan ini rawan terjadi kecelakaan lalulintas atau Lakalantas. Jalan beton ini sudah banyak yang rusak, berlubang, sehingga menjadi prioritas perbaikan.

ADVERTISEMENT

Karena itu, Yulianus berharap, usulan anggaran Rp7 miliar yang masih dibahas di tingkat Banggar DPRD Palopo, yang diusulkan dalam Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan Tahun Anggaran (TA) 2021, bisa disetujui Dewan. “Kita berharap disetujui Dewan sehingga tiga ruas jalan tersebut bisa diperbaiki demi kenyamanan berlalulintas di Palopo,” katanya. (jun)

ADVERTISEMENT