Sukses Presentasi Abdibaktitani, BPP Tanalili Siap Hadapi Verifikasi Lapangan

27
ADVERTISEMENT

Luwu Utara — Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara sukses melewati tahapan Ekspose Kualitas Pelayanan Publik pada Penilaian Abdibhaktitani bagi Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) Berprestasi di Bidang Pertanian. Ekspose yang dilakukan secara daring ini telah dilakukan pada Senin (5/7/2021), di Ruang Command Center.

Kepala BPP Tanalili, Made Sudana, tampil mengenakan batik Rongkong berwarna cokelat. Menariknya, hampir seluruh Penyuluh Pertanian Tanalili hadir memberikan semangat kepada Made yang tampil prima menjawab pertanyaan yang diajukan panelis dari Kementerian Pertanian. Pada video berdurasi 10 menit, di mana dalam video tersebut menceritakan proses pelayanan publik yang terjadi di BPP Tanalili.

ADVERTISEMENT

Tak hanya itu, video tersebut juga menampilkan motto dan maklumat pelayanan publik sebagai motivasi penyuluh dalam memberikan pelayanan, termasuk penerapan standar pelayanan, SOP pelayanan, produk pelayanan, fasilitas pelayanan, dan pengakuan manfaat UKPP, serta bagaimana BPP Tanalili merespon pandemi COVID-19 dengan sentuhan inovasi.

“Kami bersyukur bisa kembali tampil di ajang Abdibhaktitani untuk kedua kalinya. Ini adalah bentuk apresiasi Pemerintah kepada kami di BPP. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak sehingga kami bisa tampil di sini. Tak hanya mewakili Luwu Utara, tetapi Sulawesi Selatan,” kata Made usai presentase ekspose Abdibaktitani.

ADVERTISEMENT

Kata Made, keterlibatan berbagai pihak dalam Abdibaktitani adalah bentuk kolaborasi yang kuat, sekaligus bentuk dukungan kepada BPP Tanalili. “Ini adalah bentuk kolaborasi pasti bisa bangkit. Mohon doa dan dukungan kita semua. Semoga BPP Tanalili bisa membanggakan Luwu Utara.,” ucap Made sembari berdoa.

Pada saat ekspose, Made didampingi beberapa pejabat, di antaranya Asisten Perekonomian dan Pembangunan Eka Rusli, Kadis Pertanian Rusydi Rasyid, Kepala Bappelitbangda Alauddin Sukri, Kabag Organisasi Muhammad Hadi, Kabid Penyuluhan Silviah Yasin, serta seluruh Penyuluh Pertanian se-Kecamatan Tanalili. Kehadiran para pejabat ini menjadi suntikan semangat bagi Made dalam tahapan ekspose penilaian Abdibaktitani.

ADVERTISEMENT

Rencananya, tahapan verifikasi lapangan (verlap) akan dilaksanakan pada Agustus 2021 mendatang. Di mana Tim Abdibaktitani Kementerian Pertanian akan mengunjungi Luwu Utara guna memastikan pelayanan di BPP Tanalili berjalan baik sesuai yang disampaikan saat ekspose. “Kemungkinan verlap dilakukan Agustus, kemudian pengumuman pemenang September, dan pemberian penghargaan November di Jakarta. Kalau COVID-19 ini melandai. Sesuai penjelasan dari panitia tadi,” tandas Made.

(LH)

ADVERTISEMENT