Sukses Raih WTP Keenam Kalinya, Walikota Palopo Bersyukur, Ketua DPRD Memuji Kinerja Pemkot

164
ADVERTISEMENT

WARA–Kota Palopo sukses mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2020.

Dalam kegiatan penyerahan opini atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) oleh Badan Pengawas Keuangan (BPK) Perwakilan Sulawesi Selatan, yang dilakukan secara daring, Jumat 7 Maret 2021, kota Palopo dan kabupaten Bone berhasil mempertahankan opini WTP tersebut.

ADVERTISEMENT

Acara yang digelar di Ruang Pertemuan Ratona lantai 2 Balaikota Palopo itu turut dihadiri walikota Palopo Drs HM Judas Amir MH, ketua DPRD Palopo Hj Nurhaenih, Sekda, Asisten, dan pimpinan Perangkat Daerah termasuk kepala BPKAD Palopo, HM Samil Ilyas.

Kepala BPK RI Perwakilan Sulsel Wahyu Priyono mengatakan, sesuai amanat
Peraturan Perundang-undangan di Bidang Keuangan Negara, juga Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 dan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2006, BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan telah melakukan pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2020 memberikan penilaian WTP kepada kota Palopo dan Kabupaten Bone.

ADVERTISEMENT

Penyerahan LHP BPK ini ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima LHP LKPD Tahun Anggaran 2020 Kota Palopo, yang dilaksanakan secara online, yang dilakukan oleh Walikota Palopo dan Bupati Bone serta Ketua DPRD kedua daerah tersebut yang turut disaksikan oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Palopo memberikan ucapan selamat sekaligus pengakuan tulus atas semakin baiknya tata kelola administrasi keuangan oleh Pemkot Palopo yang mengacu pada aturan yang telah ditetapkan pemerintah tentang sistem pelaporan akuntansi keuangan.

“Kami berharap Pemkot Palopo tahun depan dan tahun-tahun yang akan datang terus menerus memperbaiki kinerja dan selalu mendapatkan opini WTP sebagai opini tertinggi yang diberikan BPK RI, selamat atas pencapaian ini, sebagai bukti Pemkot (Palopo) telah berupaya dan bekerja keras memenuhi harapan kita semua,” ucapnya.

Walikota Palopo HM Judas Amir usai kegiatan merasa bersyukur, Palopo kembali meraih WTP untuk keenam kalinya sejak LHP LKPD Tahun 2015 lalu.

“Kita wajib mensyukuri hasil ini, karena ini buah dari kerja keras semua pihak, dengan demikian kita bisa menjaga kepercayaan yang telah diberikan masyarakat kepada pemerintah dalam hal mengelola keuangan, terima kasih saya sampaikan kepada semua kita yang sudah bekerja secara profesional di bidangnya masing-masing,” ungkap Judas Amir.

Diketahui, opini WTP keenam ini diberikan BPK Perwakilan Sulsel sejak LHP LKPD 2015, 2016, 2017, 2018, 2019 dan 2020.

(*)

ADVERTISEMENT