Sukseskan Sensus Penduduk 2020, Kadis Kominfo Palopo: Bedakan Sensus Era ‘kolonial’ dengan Era Milenial

208
Kadis Kominfo Palopo, Baso Akhmad, SH mengikuti rapat koordinasi kecamatan terkait sensus penduduk 2020 yang diadakan BPS Kota Palopo, di ruang pertemuan kantor camat Wara Barat, Rabu(19/2/2020) lalu.
ADVERTISEMENT

UNTUK menyukseskan pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Palopo menggelar rapat koordinasi kecamatan di ruang pertemuan kantor camat Wara Barat, Rabu(19/2/2020) lalu. Acara dibuka secara resmi oleh Kadis Kominfo Palopo, Baso Akhmad, SH yang pada kesempatan itu mewakili Wali Kota Palopo, HM Judas Amir.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Rakor yang berlangsung sehari tersebut diikuti oleh para lurah se-kecamatan Wara Barat beserta para tenaga pencacah yang telah ditunjuk oleh BPS Palopo.

Sekcam Wara Barat, Andi Tenri Mario Sulthani dalam kesempatan itu mengatakan, pelaksaanaan sensus penduduk sangat penting sebagai salah satau dasar untuk melakukan perencanaan pembangunan termasuk menentukan kebijakan maupun keputusan yang lebih tepat yang akan diimplementasikan kepada masyarakat.

Dia berharap kepada masyarakat, khususnya di kecamatan Wara Barat agar ikut serta menyukseskan pelaksanaan SP 2020 karena pola yang digunakan saat ini pun sangat mudah dibanding pelaksanaan sensus sebelumnya. Masyarakat dapat melakukan pengisian data kependudukannya secara mandiri melalui website sensus.bps.go.id yang dilaksanakan pada tanggal 15 Februari – 31 maret 2020.

ADVERTISEMENT

“Inovasi tersebut untuk menghadapi tantangan dinamika penduduk,” ucapnya, seraya menegaskan bahwa keterlibatan masyarakat adalah merupakan kunci kesuksesan SP 2020.

Senada itu, Kadis Kominfo Palopo, Baso Akhmad, berharap pola SP 2020 ini harus lebih baik dibanding SP sebelumnya. “Mengingat mobilitas masyarakat saat ini sangat tinggi yang kurang memungkinkan melakukan pencacahan secara langsung atau face to face, maka cara pencacahan harus lebih maju dan modern dengan mengedepankan pendekatan era milenial. Sekarang kita menghadapi para millennia, jadi sebisa mungkin polanya menyesuaikan dan tidak sesuai pola ‘ kolonial’ lagi,” katanya.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Dia menekankan kepada para petugas BPS agar meyakinakn semua masyarakat mendapatkan haknya terdata dalam program SP 2020. Sejalan dengan itu, dirinya berharap agar ada pelibatan perangkat pemerintahan secara berjenjang, karena menurutnya kesuksesan SP bukan hanya menjadi tanggung jawab BPS saja.

“kunci keberhasilannya adalah terletak pada koordinasi,” tandas mantan Kabag Humas Setda Palopo dan kadishub Palopo tersebut. Pada kesempatan itu, pemateri dari BPS Wahyuni Febriyanti Yafendi menyampaikan materi secara komprehensi dihadapan para peserta Rakorcam. (*/tari)

ADVERTISEMENT