Sungai Salubattang Meluap, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Palopo, Lutra dan Luwu Waspada Bencana

62
ADVERTISEMENT

PALOPO — Sungai Salubattang yang terletak di Kecamatan Battang Barat, Kota Palopo, Selasa (29/11/2022) petang meluap. Luapan sungai tersebut hingga ke jalan raya. Kendati tak menimbulkan korban jiwa namun sejumlah fasilitas PDAM Tirta Mangkaluku dilaporkan rusak berat akibat dihantam banjir.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Makassar Wilayah IV mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrim di sejumlah wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) hingga tanggal 1 Desember.

ADVERTISEMENT

Cuaca ekstrim yang terjadi berpotensi menyebabkan bencana hidrometeorologi pada sejumlah wilayah di Sulsel. Termasuk Palopo, Luwu dan Luwu Utara. Potensi bencana hidrometeorologi yang dapat terjadi yaitu berupa banjir genangan, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, keterlambatan jadwal penerbangan dan pelayaran, dan meluapnya area tambak budidaya.

Oleh karena itu, BMKG dalam keterangnnya mengimbau agar masyarakat memantau informasi cuaca terkini secara berkala agar dapat melakukan mitigasi saat bencana terjadi.

ADVERTISEMENT

“Masyarakat diharapkan selalu mengikuti informasi dari BMKG serta instansi terkait untuk memastikan mitigasi bencana hidrometeorologi dapat dilakukan dengan baik,” imbau BMKG dalam keterangan resminya. (int)

 

ADVERTISEMENT