Survei IPI : RMS, Latinro, Abang dan Sarce Diprediksi ‘Oppo’ Pada Pemilu 2024

885
ADVERTISEMENT

PALOPO — Indeks Politik Indonesia (IPI) merilis elektabilitas partai politik dan tokoh publik yang akan bertarung di Daerah Pemilihan (Dapil) 3 Sulsel untuk kursi DPR RI pada Pemilu 2024 mendatang. Dapil 3 meliputi, Luwu Raya, Toraja, Toraja Utara, Enrekang, Pinrang, dan Sidrap. Posisi pertama adalah Partai Nasdem, Gerindra, Golkar dan PDIP yang menduduki peringkat teratas dalam survei.

“Partai Nasdem mendapatkan peringkat teratas dengan persentase 20 persen. Partai Nasdem akan menempatkan dua calon anggota legislatifnya,” ungkap Direktur Eksekutif IPI, Suwadi Idris Amir, dikutip dari Fajar.co.id.

ADVERTISEMENT

Nasdem kata dia, punya figur Rusdi Masse dengan elektabilitas tinggi. Ketua DPW Nasdem Sulsel ini diproyeksikan akan kembali duduk di Senayan. Kursi kedua di daerah pemilihan tersebut akan menjadi persaingan ketat antara Haryana Hakim, istri Bupati Luwu Basmin Mattayang, dan Andi Aslan Patonangi, mantan Bupati Pinrang serta Walikota Palopo, HM Judas Amir.

Posisi kedua oleh Partai Gerindra dengan persentase 19 persen. Gerindra berpeluang juga mendudukkan dua anggota DPR RI. Ada incumbent Latinro La Tunrung tetap diproyeksikan menduduki kursi DPR RI, sementara Aisyah Tiar Arsyad akan menempati kursi kedua. Sementara Golkar menempati peringkat ketiga dengan persentase 18 persen. Partai tersebut akan menempatkan satu calon anggota legislatif di daerah pemilihan Sulawesi Selatan III.

ADVERTISEMENT

Muh Fauzi adalah calon anggota legislatif Golkar dengan elektabilitas tertinggi di daerah tersebut. Namun, ada juga nama Furqan Sutrisno MB, putra Muslimin Bando, yang memiliki elektabilitas signifikan.

Partai lainnya memiliki persentase 5 persen adalah PDIP. Caleg incumbent, Sarce Bandaso dari partai Banteng diprediksi tetap ‘Oppo’ atau terpilih kembali pada pemilu 2024 mendatang. Kemudian, Demokrat dengan presentase 4 persen. Adapun PAN, di daerah pemilihan Sulsel 3, kemungkinan akan kehilangan kursi di DPR RI dengan elektabilitas sebesar 2 persen.

ADVERTISEMENT

Partai lainnya, seperti PKS, PKB, Hanura, PBB, Partai Gelora, dan partai lainnya, memiliki elektabilitas antara 2 persen hingga 1 persen. Selama ini, anggota DPR RI dari dapil Sulsel 3 dominan berasal dari luar Tana Luwu. Suwadi berharap pada Pemilu 2024 ini, pemilih di Tana Luwu akan memberikan suaranya kepada calon anggota legislatif dari Tana Luwu agar masalah-masalah warga di Tana Luwu mendapatkan perhatian yang lebih besar.

Bakal caleg DPR RI asal Gerindra, Aisyah Tiar Arsyad sangat optimis untuk memenangkan Pileg di Dapil III Sulsel.”Kalau saya terpilih ke DPR RI, saya akan pilih komisi X,” kata Aisyah. Menurutnya, Komisi X untuk memperjuangkan masyarakat Tana Luwu dan Dapil III Sulsel ini untuk meningkatkan sumber daya manusia.

“Maka masalah pendidikan perlu diperjuangkan di DPR RI. Bukan hanya itu, pihaknya akan memperjuangkan infrastruktur, masalah pertanian, pendidikan dan kesehatan. Kita kawal anggaran masuk ke Tana Luwu,” paparnya. (*)

ADVERTISEMENT