Survei SSI Pilkada Lutra, Indah-Suaib 59,51 Persen, Dua Penantang Incumbent Harus Bekerja Ekstra Keras

4853
duet Indah-suaib
ADVERTISEMENT

MASAMBA–Empat hari jelang pendaftaran pasangan bakal calon kepala daerah ke KPU, Lembaga Script Survei Indonesia (SSI) merilis hasil survei untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) 2020, Senin (31/8/2020). Jika merujuk survei SSI ini, tampaknya dua penantang incumbent, yakni pasangan Thahar Rum-Andi Sukma dan Arsyad Kasmar-Rahmat Laguni harus bekerja keras untuk memenangkan Pilkada 2020.

Sebab, survei yang dilakukan SSI yang mengukur tingkat popularitas dan elektabilitas kandidat, termasuk simulasi tiga pasangan yang bertarung di Pilkada Luwu Utara, duet Indah Putri Indriani-Suaib Mansur sangat jauh dibandingkan dua penantangnya.

ADVERTISEMENT

Duet Indah-Suaib merujuk survei SSI memperoleh 59,51 persen, Thahar Rum–Rahmat Laguni 17,07 persen, dan Arsyad Kasmar–Andi Sukma 8,29 persen. Untuk swing voter atau belum menentukan pilihan sebanyak 15,12 persen.

Direktur Eksekutif SSI, Yuhardin, menyampaikan, survei yang dilakukan pihaknya mengambil sampel warga Luwu Utara yang memiliki hak pilih dengan sampel yang digunakan sebanyak 410 orang. “Sampel dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling dengan jumlah yang proporsional. Toleransi kesalahan (margin of error) 4,8 persen dengan derajat kepercayaan 95 persen,” jelas Yuhardin dalam rilisnya diterima KORAN SERUYA.

Yuhardin menjelaskan, tingginya elektabilitas Indah–Suaib karena masyarakat menilai gerakan kemanusiaan penanganan Covid dan bencana banjir bandang sangat
membantu masyarakat yang sangat membutuhkan. Hampir seluruh masyarakat Luwu Utara saat ini sudah dapat menentukan pilihan mereka untuk sementara, dimana 59,51 persen memilih Indah-Suaib.

Dengan hasil survei tersebut, Yuhardin sangat meyakini Indah yang akrab disapa IDP memiliki kans sangat besar memenangkan Pilkada Lutra 2020 untuk kembali memimpin Lutra 5 tahun mendatang.

Sementara itu, Indah sendiri tidak terlena dan sombong dengan hasil survei yang dirilis SSI. Menurut dia, dengan hasil survei tersebut, tim dan seluruh relawan serta pendukung Indah-Suaib harus lebih solid agar bisa memenangkan Pilkada Lutim 2020. “Kita jangan cepat puas dan berbesar hati. Justru dengan hasil survei ini, kita lebih solid bekerja memenangkan Pilkada 2020,” tegas Indah. (tari)

ADVERTISEMENT