Tahun 2020, Palopo Bangun Waterboom di Latuppa dan Rest Area di Sampoddo

1812
ADVERTISEMENT

PALOPO–Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel membantu Pemkot Palopo dana sebesar Rp25 miliar untuk pembangunan rest area dan pengembangan Kolam swimbath Palopo. Anggaran ini diplot melalui APBD Kota Palopo tahun 2020 yang akan dipakai mendanai dua proyek unggulan Pemkot Palopo tahun depan.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Kepala Bappeda Palopo, Firmanzah menyatakan, dana tersebut sebenarnya sudah dialokasikan Pemprov Sulsel melalui APBD Perubahan Sulsel 2019. Namun, karena kasipnya waktu untuk mengerjakan dua proyek tersebut, maka digeser ke tahun anggaran 2020.

Dari dana Rp25 miliar ini, rinci Firmanzah, sebesar Rp15 miliar akan diperuntukkan membangun rest area di kawasan Sampoddo, tepatnya di wilayah perbatasan Kota Palopo dengan Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu. “Sisanya sebesar Rp10 miliar akan dipakai mengembangkan Kolam Swimbath di Latuppa, dimana nantinya akan dilengkapi kolam renang dan aneka permainan. Semacam waterboom,” kata Firmanzah di kantornya, Kamis (7/11/2019), kemarin.

Khusus rest area di Sampoddo, jelas Firmanzah, akan dilengkapi berbagai fasilitas publik, termasuk nantinya akan dibangun pintu gerbang Kota Palopo yang megah di perbatasan Kota Palopo dan Luwu.

ADVERTISEMENT

Pemkot Palopo sendiri sudah membebaskan lahan di Sampoddo untuk lokasi pembangunan rest area ini. Nantinya direncanakan rest area ini dibangun di areal bawah bukit Sampoddo, sehingga wilayah perbatasan Palopo tersebut diperlebar. Sesuai perencanaannya, rest area ini nantinya akan dihubungkan dengan jalur jalan lingkar Palopo yang akan melintasi wilayah pesisir Kota Palopo mulai dari wilayah selatan hingga utara. (cbd)

ADVERTISEMENT