Tahun Depan, Lutim Bakal Miliki Perpustakaan Megah, Segini Anggarannya

57

LUTIM – Tahun depan Kabupaten Luwu Timur bakal memiliki gedung perpustakaan daerah yang megah dan artistik. Anggaran pembuatan perpustakaan berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN Perpustakaan Nasional.

Rencana pembangunan gedung baru perpustakaan daerah ini dipaparkan dalam ekspose yang berlangsung, Sabtu (18/05/2019) di rumah jabatan Bupati Lutim, oleh Kepala Dinas perpustakaan dan Kearsipan, Satri. Ekspose itu disaksikan Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler.

Husler terkesan dengan desain gedung yang tampak megah dan  artistik. “Konsep gedungnya menarik dan saya suka rancangannya,” kata Husler.

Menurut Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, Satri, alokasi anggaran untuk pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah ini berjumlah Rp 15 miliar. Dari jumlah itu, Rp 10 miliar untuk alokasi gedungnya sementara mobiler dan kelengkapan sarana dan fasilitasnya mencapai Rp 5 miliar.

Gedung Layanan Perpustakaan Daerah ini nantinya juga akan dilengkapi dengan berbagai sarana dan fasilitas pendukung diantaranya kedai baca dan kantin, musholla, ruang pameran, taman, galeri seni, ruang seminar dan bedah buku, ruang pemutaran film, ruang perpustakaan ibu dan anak, ruang Disabilitas, dan ruang IT Center.

Selain itu, Husler meminta agar segera dipersiapkan dokumen dan rancangan, agar tahun depan sudah pembangunannya segera dilakukan. (rls/liq)