Tak Ada Kendala Berarti, SMPN 14 Palopo Gelar ANBK Dua Hari

20
Selama dua hari, SMPN 14 Palopo menggelar Asismen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). (Foto : Dok. SMPN 14 Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Selama dua hari, SMPN 14 Palopo menggelar Asismen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Adapun model yang dilakukan SMPN 14 yakni full online.

Informasi dalam Asesmen Nasional (AN) tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter (SK), dan Survei Lingkungan Belajar (SLB).

ADVERTISEMENT

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) digunakan untuk mengukur kompetensi mendasar siswa yang terdiri dari literasi membaca dan numerasi.

Survei karakter digunakan untuk mengukur sikap, keyakinan, kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa dan survei lingkungan belajar digunakan untuk mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat sekolah

Hal itu disampaikan Kepala SMPN 14, Arifin Jumak. Dia mengatakan Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama sekolah, yakni pengembangan kompetensi dan karakter siswa.

“Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah sekolah yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong sekolah dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran,” katanya.

“Maka dari itu, hasil Asesmen Nasional sendiri diharapkan mampu memberikan manfaat, bukan sekedar nilai belaka. Adapun kendala yang dialami SMPN 14 dalam Asesmen Nasional model online kali ini, tidak terlalu krusial namun dapat ditangani oleh terknisi dan proktor, terpantau terkendali dan lancar,” pungkasnya. (ayb)

ADVERTISEMENT