Tak Perlu Lagi ke BP2IP Barombong, Kini SMKN 3 Palopo Bisa Laksanakan Ujian Kepelautan Tingkat IV

2588
Taruna SMKN 3 Palopo saat merayakan wisuda
ADVERTISEMENT

PALOPO – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Palopo, kini dapat menyelenggarakan ujian Kepelautan Tingkat IV (ANT-IV Dan ATT-IV), tanpa harus lagi ke BP2IP Barombong.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Itu setelah, pihak SMKN 3 Palopo, telah mendapatkan status Approval pada bulan April 2020 lalu. Status tersebut, berdasarkan certifikat yang didapatkan dari Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Republik Indonesia pada tgl 24 April 2020 nomor.SM.401/1/14/DK/2020.

Dengan begitu, SMKN 3 Palopo menjadi sekolah negeri pertama di wilayah timur Indonesia yang mendapat Approval dari Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Republik Indonesia.

Hal tersebut, dikatakan oleh Kepala SMKN 3 Palopo, Ridwan kepada Koran Seruya, Senin (25/5/2020).

ADVERTISEMENT
Kepala SMKN 3 Palopo, Ridwan

Dia menyebutkan, jika pihaknya juga telah melengkapi seluruh fasilitas yang menjadi persyaratan dari Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Republik Indonesia.

“Perjuangan kami untuk mewujudkan sekolah ini berstatus approval, cukup memakan waktu lama dan usaha yang cukup, banyak yang harus kami lengkapi baik dari surat-surat maupun pembenahan sekolah untuk melengkapi fasilitas sekolah sesuai dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi dari Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Republik Indonesia,” katanya.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

“Namun akhirnya, dengan usaha itu, kami patut berbangga karena dari sekian banyak sekolah negeri, baru sekolah ini yang saat ini berstatus approval “ujarnya.

Lebih jauh, dirinya menerangkan jika dengan status tersebut, pihaknya optimis jika alumni SMKN 3 Palopo nantinya, akan lebih mudah lagi terserap dunia kerjabaik pelayaran Nasional maupun Internasional.

“Hampir 95 % alumni bekerja sesuai dengan bidang keahlian masing-masing yakni bidang Pelayaran, bahkan ada yang telah bekerja di kapal-kapal luar negeri seperti Dubai, Amerika, Singapura dan lain-lain,” terang Ridwan.

Selain itu, dia mengatakan jika saat ini, pihaknya juga telah membuka pendaftaran bagi para calon taruna untuk tahun pembelajaran 2020/2021.

“Untuk tahun ini, kita hanya terima 140 orang yang akan diterima untuk 4 kelas yang disiapkan. Ini dilakukan dengan tujuan agar mutu Pendidikan pelaut lebih baik, agar bisa fokus mencetak calon pelaut profesional dan sesuai standar International Maritime Organisation (IMO) STCW 1978 amandemen Manila 2010,” pungkasnya.

Penerimaan peserta didik baru ini sendiri, dilaksanakan mulai tanggal 8 Juni s/d 4 Juli 2020 secara online melalui link penfaftaran http://ppdb.disdik.sulselprov.go.id atau mendaftar sementara pada link http://bit.ly/ppdbsmkn3plp-20. (Jun)

ADVERTISEMENT