Tak Terpengaruh Tragedi Kanjuruhan, FIFA Pastikan Piala Dunia U-20 2023 Tetap Digelar di Indonesia

21
ADVERTISEMENT

JAKARTA — Kendati baru saja terjadi Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Presiden Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) Gianni Infantino memastikan, Piala Duni U-20 2023 akan tetap dilaksanakan di Indonesia. “Itu sebabnya saya ingin juga datang ke Jakarta, tahun depan kita bersama-sama akan menyelenggarakan Piala Dunia FIFA U-20,” kata Infantino usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022) dikutip dari Kompas.com.

Infantino mengatakan, dengan menggelar Piala Dunia U-20, Indonesia akan kedatangan pemain-pemain terbaik dunia yang bakal menunjukkan talenta mereka di ajang tersebut. “Pemain terbaik di dunia akan datang ke Indonesia dan cahaya serta bakat mereka akan bersinar dari Indonesia ke seluruh dunia,” ujar Infantino.

ADVERTISEMENT

Dengan demikian, Infantino menegaskan, pelaksanaan Piala Dunia U-20 harus dipastikan berjalan dengan mulus. Ia menyebutkan, melalui gelaran tersebut juga kan memproyeksikan citra Indonesia ke muka dunia. Infantino pun menegaskan, citra yang mesti ditunjukkan oleh Indonesia bukanlah sebagai negara yang mengalami musibah dalam pertandingan sepak bola.

“Tetapi negara yang punya visi yang diproyeksikan untuk masa depan, di mana penduduk muda mencintai sepak bola yang ingin merayakan membawa sepak bola ke dunia,” ujar Infantino. Infantino mengatakan, FIFA juga ingin memastikan bahwa Indonesia tidak hanya bisa menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi G20 yang dihadiri negara-negara besar secara ekonomi.

ADVERTISEMENT

“Tetapi juga dari sudut pandang sepak bola, episentrum sepak bola di belahan dunia ini akan ditentukan di sini di Indonesia dari sini, kami ingin membuat sepak bola ini berkembang ke seluruh dunia,” kata Infantino. (int)

ADVERTISEMENT