Tambang Emas Ilegal di Rampi Makan Korban, Satu Warga Tewas Tertimbun Longsor

146
ADVERTISEMENT

MASAMBA — Seorang warga bernama Adrianus Kaose (33) beralamat di Kecamatan Lore Selatan Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, bernasib nahas. Ia tertimbun longsor di lokasi penambangan emas di Desa Onodoa, Kecamatan Rampi, Kabupaten Luwu Utara, Rabu (03/05/2023) malam.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, sebelum kejadian itu alat berat melakukan pengerukan material di dinding gunung. Korban bersama tujuh rekannya yang lain kemudian mendatangi bekas pengerukan untuk mencari bijih emas.

ADVERTISEMENT

Tiba-tiba terjadi longsoran. Saat kejadian rekannya sempat menyelamatkan diri. Sementara korban tertimbun longsor. Upaya pencarian pun dilakukan menggunakan alat berat. Saat ditemukan korban dalam keadaan tidak bernyawa.

Kondisinya mengenaskan. Tubuh bagian bawah dan kepala pecah. Satu korban lainnya bernama Vikianus warga Rampi juga mengalami luka ringan. Keberadaan tambang emas illegal tersebut sudah lama disikapi oleh aktivis mahasiswa asal Kecamatan Rampi.

ADVERTISEMENT

Mereka berunjukrasa di Mapolres Luwu Utara untuk meminta agar tambang tersebut ditutup. Namun, hingga saat ini belum ada tindakan sama sekali. Mahasiswa menduga keberadaan tambang itu lantaran dibekingi oknum petugas kepolisian. (**)

ADVERTISEMENT