Tampilkan Adat Rongkong, SDN 3 Surutanga Ramaikan Karnaval Perayaan HJL dan HPRL

48
SDN 3 Surutanga Palopo ikut memeriahkan Karnaval dalam rangka menyambut Hari Jadi Luwu dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu, Sabtu 21 Januari 2023. (Foto : Michael Gani)
ADVERTISEMENT

PALOPO — SDN 3 Surutanga Palopo ikut memeriahkan Karnaval dalam rangka menyambut Hari Jadi Luwu dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu, Sabtu 21 Januari 2023.

SDN 3 Surutanga tampil dengan menggunakan kostum karnaval adat Rongkong. Selain itu, para siswa juga menampilkan tarian adat Rongkong yaitu Pangaru dan menggunakan berbagai pakaian adat Nusantara serta pakaian profesi seperti kostum Pelayaran yang membawa Bendera Merah putih dibarisan depan.

ADVERTISEMENT

Kepala SDN 3 Surutanga, Hj Masnah yang juga turut mendampingi siswa dalam karnaval mengatakan bahwa keikutsertaan SDN 3 Surutanga, adalah bentuk partisipasi dalam mendukung event karnaval.

“Selain itu, untuk meningkatkan nilai budaya siswa agar semakin memahami kebudayaan Luwu dan juga mampu memaknai semangat perjuangan Rakyat Luwu dalam mempertahankan Kemerdekaan,” katanya.

ADVERTISEMENT

Peserta Karnaval memulai Start di Pelataran gedung kesenian Palopo yang dilepas langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Palopo Firmanza DP. Karnaval ini diikuti berbagai sekolah mulai dari Taman Kanak-kanak, SD dan SMP. Kegiatan tersebut diikuti Ribuan peserta dan finish dilapangang Pancasila Palopo.

Selain Karnaval, SDN 3 Surutanga juga mengutus siswanya mengikuti Lomba Permainan Tradisional yang dilaksanakan pada 19-20 Januari Lalu dan mengikuti berbagai lomba diantaranya, Lomba Katto-Katto dan Hula Hoop. (mic)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT