Tana Toraja Tuan Rumah Seleksi Tilawatil Quran-Hadits, Gubernur : Miniatur Toleransi Umat Beragama

599
ADVERTISEMENT

MAKASSAR — Kabupaten Tana Toraja, ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) tingkat Sulawesai Selatan, pada 23-28 April 2019 mendatang. Selasa (19/03/2019) pagi, Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae dan Kakanwil Kemenag Sulsel, Anwar Abubakar menemui Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah di rumah jabatan.

Kedatangannya untuk melaporkan persiapan pelaksanaan STQH. Nico mengungkapkan pemerintah dan masyarakat setempat menyambut baik pelaksanaan acara tersebut. “Kami melaporkan terkait persiapan pelaksanaan STQH di Kabupaten Tana Toraja sebagai tuan rumah. Semua masyarakat Sulsel dan masyarakat Toraja merespon kegiatan ini, karena ini berkaitan dengan perhelatan rakyat dan perhelatan spiritual masyarakat yang dilaksanakan oleh umat Muslim,” sebutnya seperti dikutip dari Sindonews.

Dia mengatakan, Tana Toraja ingin memperlihatkan ke masyarakat dunia bahwa daerah tersebut rukun dan saling menghargai. “Kami rukun dan saling memahami dan menghargai dalam menjalankan agama masing-masing,” pungkasnya. Sementara, Nurdin Abdullah mengatakan pemilihan Tana Toraja sebagai tempat pelaksanaan sangat spesifik. Daerah dengan kekayaan budaya itu juga dapat menjadi miniatur toleransi umat beragama di Sulsel.

“Pembicaraan hari ini dalam rangka penetapan STQH tingkat Provinsi Sulsel, kita tempatkan di Tana Toraja. Karena kita memang gilir ke berbagai daerah. Dan Toraja ini, tempat yang sangat spesifik karena terkenal sebagai daerah yang sangat toleran,” katanya.

ADVERTISEMENT

Hadir juga dalam audiensi ini, Kepala Kantor Kemenag Tana Toraja Muhammad, Kabiro Kesra Sulsel Suherman, Kabid Penzawa H. Rappe, Anggota FKUB Tana Toraja, Kabag Kesra Agama Prov.Sulsel H. Erni, Kabag Kesra Tana Toraja Juli Kaboel Palipangan. (*/adn)

ADVERTISEMENT