Tanggapi Wasiat Dorce Ingin Dimakamkan Sebagai Perempuan, MUI : Kembali ke Kelamin Awal

253
Dorce Gamalama. (istimewa)
ADVERTISEMENT

JAKARTA — Beberapa hari terakhir, kabar kurang baik datang dari artis lawas, Dorce Gamalama. Kondisi kesehatannya dikabarkan memburuk hingga drop dan harus dilarikan ke Rumah Sakit.

Dalam channel YouTube Denny Sumargo, Dorce Gamalama, berwasiat saat ajalnya tiba. Dorce sudah menyiapkan kain kafan dan kuburan. Dia berpesan soal keinginannya dimakamkan sebagai perempuan.

Dilansir dari Detikcom, menanggapi keinginan Dorce tersebut, Ketua MUI Cholil Nafis angkat bicara. Cholil Nafis memberikan penjelasan seperti yang sudah dia cuitkan di laman Twitternya.

“Jenazah transgender itu diurus sebagaimana jenis kelamin awal dan asalnya ya,” kata Cholil Nafis, Senin (31/1/2022).

ADVERTISEMENT

Choli Nafis menegaskan operasi dan mengubah jenis kelamin tidak diakui oleh Islam. Jadi, jenis kelamin transgender sesudah operasi tak diakui.

“Jadi mengubah kelamin itu tak diakui dalam Islam sehingga ia hukumnya tetap seperti jenis kelamin pertama. Laki-laki yang pindah (jadi) perempuan disebut mukhannats dan perempuan yang berubah menjadi laki-laki itu mutarajjil,” tegasnya.

Dorce dalam obrolan bersama Denny Sumargo menceritakan kesiapan dirinya menanti ajal. “Saya udah punya kain kafan sendiri. Saya juga punya kuburan sendiri. Rumah saya di Lubang Buaya itu ada masjid, di sebelah masjid itu nanti tempat pulang saya,” cerita Dorce Gamalama.

Denny Sumargo juga dengan sangat pelan mempertanyakan bagaimana nantinya presenter dan komedian itu akan dimakamkan. Dorce dikenal sebagai transgender.

“Bunda kalau nanti akhirnya berpulang, bunda ingin meninggal sebagai apa?” tanya Denny Sumargo.

“Ya sebagai saya sekarang. Karena setelah saya operasi, saya punya kelamin perempuan, mandikan saya dengan perempuan, sebagai perempuan,” jawab Dorce Gamalama. (***)

ADVERTISEMENT