Tanggul Jebol di Lamasi Timur, Puluhan Rumah Warga Terendam Banjir

3746
ADVERTISEMENT

LUWU — Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Luwu semalam membuat tanggul di Desa Pompengan Tengah Kecamatan Lamasi Timur jebol.

Pada Selasa (4/12/18) sekitar pukul 05.30 wita, air meluap hingga merendam puluhan rumah warga.

ADVERTISEMENT

Dandim 1403 SWG, Letkol M Imasfy membenarkan peristiwa itu. Ia sudah memerintahkan anggotanya untuk memantau dan membantu warga yang terkena dampak banjir.

Dandim mengatakan, hujan lebat yang terjadi sejak pukul 20.00 wita tadi malam membuat sungai lamasi meluap dan megakibatkan tanggul jebol sepanjang 25 meter.

ADVERTISEMENT

Banjir itu juga megakibatkan akses jalan yang menghubungkan Desa Pompegan Pantai dan Desa Pompengan tengah tidak bisa dilalui oleh kendaran roda 2 maupun roda 4.

“Ketinggian air di badan jalan setinggi 70 cm. Sebanyak 12 rumah, kebun jagung 5 hektar , empang seluas 10 hektar terendam. Sampai saat ini air belum surut,” kata Letkol M Imasfy.

Dandim sudah melakukan koordinasi dengan Camat dan BPBD Kabupaten Luwu untuk penanganan cepat memberikan bantuan dan merencanakan perbaikan tanggul bila air sudah mulai surut.

“Koordinasi terus dilakukan untuk melakukan antisipasi. Karena jika hujan turun lagi maka  air  akan lebih besar dan kemungkinan akan menggenangi pemukiman masyarakat,” singkat Dandim. (asm)

ADVERTISEMENT