Taqwa Muller Menguat Dampingi Budiman, Sudah Didukung Dua Partai

133
ADVERTISEMENT

MALILI — Kendati belum ada dua nama calon wakil bupati yang diputuskan mendampingi Bupati Luwu Timur, Budiman, namun kans anggota DPRD Sulsel, Taqwa Muller, dinilai lebih kuat dibanding figur lainnya.

Taqwa Muller kini sudah didukung oleh dua partai pengusung yakni PDIP dan PKS. Sekretaris DPD PDIP Luwu Timur Ober Datte mengatakan nama Taqwa Muller sudah diplenokan di DPD PDIP Sulsel. “Hasil pleno sudah diusulkan ke DPP PDIP, kami menunggu keputusan ibu Megawati (Ketua DPP PDIP),” kata Ober Datte kepada wartawan.

ADVERTISEMENT

Sebelumnya, Taqwa Muller juga mengklaim bahwa dirinya didukung oleh PKS. ” Saya didukung oleh PKS untuk menjadi calon wakil bupati,” kata legislator Partai Golkar ini. Muh Taqwa Muller adalah adik kandung dari Bupati Luwu Timur ke-2, almarhum Thorig Husler. Husler pada pilkada 2020, adalah calon bupati dan Budiman adalah wakilnya.

Husler yang terpilih kali kedua sebagai Bupati Luwu Timur meninggal dunia di RS Wahidin Sudirohusodo Makassar pada Kamis (24/12/2020) karena sakit. Otomatis, Budiman ketua PDIP Luwu Timur yang awalnya menjabat wakil bupati naik jabatan menjadi bupati Luwu Timur.

ADVERTISEMENT

Adapun empat balon yang telah mendaftar menjadi wakil bupati di panitia pemilihan di DPRD Luwu Timur. Mereka adalah Muh Taqwa Muller, Andi Akbar Leluasa, Usman Sadik dan Rully Heriawan. Taqwa adalah anggota DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel) dari Fraksi Golkar.

Andi Akbar Leluasa masuk dalam pengurus Golkar di DPP. Usman Sadik adalah Ketua DPD II PAN Luwu Timur. Selain itu, Usman juga menjabat Wakil Ketua II DPRD Luwu Timur. Sementara Rully Heriawan adalah Sekretaris DPC Hanura Luwu Timur. Rully juga menjabat anggota DPRD Luwu Timur.

ADVERTISEMENT

Penentuan nama dua calon wakil bupati Luwu Timur hingga kini belum digelar. Itu karena selalu ada ketua partai pengusung yang tidak hadir. Pertemuan panitia pengusung sudah tiga kali digelar namun selalu gagal. Panitia pemilihan akhirnya memperpanjang penjaringan calon wakil hingga 10 Desember 2023 mendatang.

Ketua DPRD Luwu Timur yang juga Ketua Panitia Pemilihan Wakil Bupati Luwu, Aripin, meminta kepada masyarakat untuk mengawasi jalannya pemilihan. ” Kita berharap ada pengawasan dari masyarakat. Sudah beberapa kali pertemuan digelar namun batal. Ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Apalagi, sesuai konstitusi bupati harus didampingi wakil bupati,” tandasnya. (rah)

ADVERTISEMENT