Tekan Angka Pengangguran, Ini Dilakukan Disnaker Palopo

1321
ADVERTISEMENT

PALOPO – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Palopo bekerja sama dengan yayasan pendidikan kerja (YP2K) Handayani Luwu Raya (HLR) menggelar pelatihan kerja kejuruan mengemudi mobil, Senin (30/7) siang. Pelatihan itu akan berlangsung selama 25 hari kedepan.

Kepala Disnaker Palopo, Kodrat Ruppi mengatakan pelatihan ini dilakukan untuk memberikan keterampilan kepada warga yang sedang mencari kerja.

ADVERTISEMENT

“Jumlah peserta sebanyak 20 orang. Mereka mengikuti pelatihan tidak dipungut biaya. Pelatihan ini dimulai dari tanggal 30 Juli hingga 23 Agustus 2018,” jelas Kodrat Ruppi.

Dia menambahkan, jumlah pencari kerja di Kota Palopo mencapai 5252 orang. Data tersebut diambil bulan Desember 2017 lalu dan kemungkinan bertambah. Olehnya itu, dengan banyaknya pelatihan yang diberikan Pemkot Palopo, angka pengangguran dapat di tekan.

ADVERTISEMENT

“Ada sekitar 107 orang yang ikut seleksi untuk mengikuti pelatihan ini. Namun hanya 20 peserta yang lolos. Selain pelatihan menyetir mobil, kami juga memberikan berbagai pelatihan kepada warga, seperti, menjahit, service HP, service AC, service komputer, service elektronik, dan lain-lain,” ujarnya.

Dengan adanya berbagai pelatihan kerja yang diberikan kepada warga, Kodrat Ruppi berharap lapangan kerja di Kota Idaman semakin terbuka lebar.

ADVERTISEMENT

“Pemerintah selalu berupaya untuk mensejahterakan rakyatnya. Semoga saja dengan upaya pemerintah ini, banyak warga yang menjadi wirausahawan baru, sehingga lapangan kerja juga semakin terbuka lebar,” pungkasnya. (liq)

ADVERTISEMENT