Terima Amanah Baru, Walikota HM Judas Amir Jabat Ketua IPHI Palopo Periode 2021-2026

178
ADVERTISEMENT

PALOPO — Pengurus Wilayah IPHI Sulsel, melalui ketuanya Abubakar Wasahua didampingi Sekertaris H Rappe melantik Walikota Palopo HM Judas Amir sebagai Ketua Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PD IPHI) kota Palopo, masa bakti tahun 2021- 2026.

Pelantikan di Ruang Pertemuan Ratona, Sabtu 31 Juli 2021 itu juga dihadiri beberapa pejabat teras Pemkot Palopo serta PW IPHI Sulsel.

ADVERTISEMENT

Judas Amir dipercaya mengemban amanah untuk memimpin IPHI Palopo sesuai SK Pengurus Wilayah tertanggal 18 Juli 2021.

Saat prosesi pelantikan, Dr H Abubakar Wasahua, SH, MH mengatakan, ”Pengurus Daerah IPHI Kota Palopo bertugas dan bertanggung untuk menjalankan roda organisasi secara profesional dan amanah sesuai AD-ART Organisasi Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

”Surat keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan. Ditetapkan di Makassar 8 Dzulhijjah 1442 H / 18 Juli 2021 M,” kata Abubakar.

Dalam menjalankan organisasi tersebut, Judas Amir akan dibantu beberapa kabinetnya di antaranya, Wakil Ketua I: HM Rusydi Hasyim, Wakil Ketua II: H. Asir Mangopo, Wakil Ketua III: H. Muchtar Basir. Sementara Sekretaris adalah H. Mikail, Wakil Sekretaris I: H. Muh. Nasrullah, Wakil Sekretaris II: H. Akwal untuk posisi Bendahara adalah Hj. Norma Yuni, Wakil Bendahara I: Hj. Jumrah, dan Wakil Bendahara II: Hj. Nurpati.

ADVERTISEMENT

Sejarah IPHI

IPHI didirikan pada tanggal 24 Sya’ban 1410 H bertepatan dengan tanggal 22 Maret 1990 di Jakarta oleh Muktamar organisasi-organisasi persaudaraan haji, di akhir penyelenggaraan Muktamar yang berlangsung pada tanggal 22-24 Sya’ban 1410 H bertepatan dengan tanggal 20-22 Maret 1990 untuk waktu yang tidak ditentukan.

Sebelumnya, pada sekitar tahun 1980 telah terlebih dahulu berdiri Organisasi Persaudaraan Haji (ORPEHA) di berbagai daerah yang kemudian menjadi cikal bakal yang memprakarsai berdirinya organisasi IPHI. Bahkan secara historis sesungguhnya sejak abad ke-19 dan ke-20, jama’ah haji Indonesia telah membentuk komunitas muslim Nusantara secara solid di kawasan Timur Tengah, baik di Mekah, Madinah, Jeddah, Hijaz, maupun juga di Hadramaut Yaman.

Pada awal berdirinya hingga penyelenggaraan Muktamar II pada tanggal 13-16 September 1993 di Jakarta, organisasi IPHI berstatus sebagai Badan Koordinasi yang hanya mengkoordinasikan keberadaan organisasi persaudaraan haji, baik di pusat maupun di daerah.

Namun pasca Muktamar II tersebut hingga saat ini, status IPHI berubah menjadi organisasi yang bersifat vertikal, koordinatif, konsultatif, dan instruktif, dengan ruang lingkup nasional.

Saat ini, IPHI Pusat dinahkodai oleh H. Erman Suparno yang terpilih sebagai Ketum IPHI periode 2021-2026 dalam Muktamar VII di Jakarta, 12 Juni 2021 lalu.

(*)

ADVERTISEMENT