TGC Rapid Test 209 Pedagang di Pasar Sukamaju Luwu Utara, 5 Diantaranya Reaktif

808
ADVERTISEMENT

SUKAMAJU – Tim Gerak Cepat (TGC) Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara, kembali melakukan rapid test massal kepada para pedagang di Pasar Sukamaju, Kecamatan Sukamaju, Kabupaten Luwu Utara.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Juru Bicara (Jubir) Percepatan Penanganan Covid-19, Komang Krisna, mengatakan jika dari 209 orang pedagang yang mengikuti rapid test, lima diantaranya dinyatakan reaktif.

ADVERTISEMENT

“Jumlah orang yang diskrining oleh TGC sebanyak 209 orang, yang reaktif sebanyak 5 orang dan nonreaktif sebanyak 204 orang,” kata Komang Krisna kepada Koran Seruya, Sabtu (13/6/2020).

Dia menambahkan, jika pihaknya juga langsung melakukan pengambil samek swab tenggorokan kepada lima orang warga tersebut.

ADVERTISEMENT

“Selanjutnya 5 orang yang reaktif tersebut, telah dilakukan pengambilan swab hidung dan tenggorokan untuk dilakukan uji RT-PCR,” tambah Komang Krisna.

Lebih jauh, dirinya mengatakan jika pihaknya saat ini, juga tengah menelusuri keberadaan 30 persen warga yang masuk dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

“Karena jangan sampai mereka akan menjadi sumber penularan, sehingga OTG yang beredar, harus dites, karena hanya tes yang bisa menjastifikasi mereka sebagai sumber penularan,” terangnya.

Komang krisna juga menjelaskan, jika kegiatan rapid test massal ini, untuk melakukan deteksi dini penyebaran virus corona, sebab katanya, pasar menjadi tempat berinteraksi masyarakat dan perputaran ekonomi.

“Pasar salah satu daerah yg sangat berisiko terinfeksi virus corona, apalagi banyak pasar yang tidak mengindahkan protokol kesehatan setelah pemerintah pusat menetapkan new normal life,” jelasnya.

“Untuk itu, TGC diperintah langsung ibu bupati Luwu utara, untuk segera melakukan deteksi dini secara massif di pasar,” pungkas Komang Krisna. (Sya)

ADVERTISEMENT