Tiba di Asrama Haji Sudiang, CJH Asal Palopo Diberi Pembekalan

1525
CJH asal Palopo diberi pembekalan pemantapan pelaksanaan pemberangkatan ibadah haji di Asrama Haji Sudiang Makassar.
ADVERTISEMENT

Laporan : Andi Pallawa Gau

PALOPO — Sebanyak 110 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kota Palopo sudah tiba di Asrama Haji Sudiang Makassar, Selasa (17/7/18) sekitar pukul 08.00 WITA pagi tadi. Tamu Allah ini tiba dengan menggunakan empat unit bus dari Kota Palopo.

ADVERTISEMENT

Sesuai jadwal, mereka akan berangkat pada Rabu (18/7/18) pukul 08.55 WITA pagi besok ke Bandara Madinah menggunakan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GIA 1101. Mereka dijadwalkan tiba di madinah pada hari yang sama pukul 14.35 waktu setempat. CJH Palopo tergabung dalam satu kloter dengan CJH lainnya asal Kabupaten Soppeng, Toraja, Toraja Utara dan Makassar. CJH ini tergabung dalam kloter kedua, gelombang pertama pemberangkatan.

Sebelum berangkat, para CJH asal Palopo diberi pembekalan pemantapan pelaksanaan pemberangkatan ibadah haji di lokasi Asrama Haji Sudiang. Mulai dari simulasi menaiki pesawat hingga tiba di tempat tujuan.

ADVERTISEMENT

BACA JUGA :Malam Ini, 110 CJH Palopo Berangkat ke Makassar, Rabu Terbang ke Tanah Suci

Selain pembekalan, para jamaah juga mulai dipasangkan alat biometrik yang baru pertama kali diterapkan pada tahun 2018 ini. Dalam dunia teknologi informasi, biometrik relevan dengan teknologi yang digunakan untuk menganalisa fisik dan kelakuan manusia dalam autentifikasi. “Hal ini dilakukan untuk mengurangi beban antrian saat tiba di Saudi,” kata Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kantor Wilayah Sulsel, Kaswad seperti dilansir dari makassar.terkini.id.

ADVERTISEMENT

Alat Biometrik merekam sepuluh sidik jari dan wajah jamaah calon haji. Biometrik yang dilakukan, kata Kaswad, adalah merekam sepuluh sidik jari dan wajah jamaah calon haji di 18 embarkasi di Indonesia sebelum diberangkatkan ke tanah suci. “Dengan begitu, jemaah haji tinggal mengurus legalisasi stempel paspor diimigrasi,” ungkapnya. (asm)

ADVERTISEMENT