Tiba di Mamuju, Tim IDI dan PPNI Luwu Langsung Bertindak Tangani Pasien Korban Gempa Sulbar

129
ADVERTISEMENT

MAMUJU–Tim Relawan dari Ikatan Dokter Indonesia yang tergabung dalam rombongan misi kemanusiaan Kabupaten Luwu, tiba di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat, Rabu (20/1/2021) sekira pukul 08.00 Wita.

Begitu tiba, rombongan IDI Luwu yang dipimpin ketuanya, dr Alauddin, langsung melakukan pelayanan kesehatan di rumah sakit dan tenda-tenda pengungsi masyarakat yang terdampak gempa bumi.

ADVERTISEMENT

Tim IDI Luwu terdiri dari 3 orang, yakni dr Alauddin SpAn, dr Adi sastra SpB, dan dr Abi.

Sedangkan PPNI Luwu juga terdiri atas 3 orang, yakni Rinal Supardin, Lilis Suryani, dan Syahrul.

ADVERTISEMENT

Setelah beristirahat sebentar, Tim IDI Luwu langsung mendistribusikan bantuan berupa beras, mi instant, tenda, tikar, selimut, susu dan perlengkapan bayi serta bantuan obat-obatan ke beberapa titik, diantaranya ke Posko IDI cabang Mamuju, Posko KKLR dan distribusi langsung ke beberapa titik pengungsian.

Ketua IDI Kabupaten Luwu, dr Alauddin (dokter Spesialis Anastesi) bersama dr Adi Sastrawijaya (dokter spesialis bedah) berbaur dengan rekan-rekan dokter lainnya di rumah sakit regional Provinsi Sulbar untuk berkoordinasi dan membantu beberapa proses operasi korban gempa.

ADVERTISEMENT

“Tim IDI Luwu pada hari pertama ini diberikan tugas jaga di UGD RS Regional dan di kamar operasi RS Regional. Tim UGD melayani beberapa kasus emergensi baik itu kasus trauma maupun non trauma,” ungkap dr Abi.

Menurut dr Alauddin SpAn, sebagai ketua tim, ada 7 kasus yang dioperasi diantaranya kasus bedah ortopedi dan kasus sectio secaria.

”Untuk hari kedua besok (Jumat 21/1) Tim IDI Luwu rencananya kembali akan turun memberikan pengobatan di tenda-tenda pengungsian,” pungkasnya.

(ikh)

ADVERTISEMENT