Tidak Hanya di Palopo, HPA Tenriadjeng Juga Bawa Perubahan di PDAM Makassar

993
ADVERTISEMENT

MAKASSAR-Wali Kota Palopo periode 2003-2013, Drs HPA Tenriadjeng, menghembuskan nafas terakhirnya di usia yang ke-74 tahun di RS Islam Faisal Makassar, Minggu (16/2/2020) pagi.

Semasa hidupnya, Tenriadjeng punya banyak prestasi yang mentereng selama memimpin kota Idaman. Tidak hanya untuk masyarakat Kota Palopo yang pernah dipimpinnya selama dua periode. Masyarakat Kota Makassar pun merasakan hal sama.

ADVERTISEMENT

Hal itu dikatakan oleh, Direktur PDAM Makassar, Hamza Ahmad. Dia juga menyampaikan ucapan rasa belasungkawanya atas kepergian pria yang dijuluki sebagai “Bapak Pembangunan” kota Palopo itu.

Seperti diketahui, almarhum juga diketahui pernah menjabat sebagai Dirut PDAM Makassar, pada 1985- 1996. Ia telah menorehkan berbagai perubahan yang signifikan di tubuh perusahaan milik pemerintah daerah ini.

ADVERTISEMENT

“Segenap direksi, staf dan karyawan PDAM Makassar mengucapkan turut berbelasungkawa atas wafatnya Almarhum Bapak Tendriajeng. Semoga Khusnul Khatimah dan keluarga diberi ketabahan” ucap Direktur PDAM Makassar, Hamzah Ahmad, seperti dikutip dari Rakyatku.com.

Lebih jauh, dirinya mengatakan jika perubahan yang paling terasa pada era kepemimpinan Mr Tenri, yakni pembangunan berbagai gedung-gedung fasilitas perkantoran.

“Peningkatan kapasitas produksi IPA II Panaikang dari 500 l/d ke 1.000 l/d pembangunan IPA Antang dan IPA IV Mac. Sombala.” tambahnya.

“Dari pembangunan yang dilakukan inilah, sehingga berdampak pada peningkatan pelayanan air bersih ke masyarakat. Serta meningkatnya cakupan layanan serta peningkatan jumlah pelanggan,” sambungnya.

Selain itu, Hamza mengatakan jika pada masa kepemimpinannya di PDAM Kota Makassar, Tenriadjeng juga mampu mendatangkan keuntungan pada perusahaan milik daerah itu.

“Selain itu, laju perkembangan ini berujung kepada pendapatan PDAM Kota Makassar yang pada saat itu berhasil membukukan keuntungan perusahaan,” pungkasnya.

Catatan KORAN SERUYA, HPA Tenriadjeng adalah Walikota Palopo pertama. Dua periode memimpin Kota Palopo setelah sebelumnya menjabat Caretaker Walikota Palopo selama dua tahun lebih.

Sebelum menjabat Caretaker Walikota Palopo, HPA Tenriadjeng menjabat Sekda Luwu. Diangkat menjabat Caretaker Walikota Palopo setelah Kota Palopo resmi terbentuk sebagai kota otonom.

Memimpin Kota Palopo, HPA Tenriadjeng dijuluki Bapak Pembangunan Kota Palopo. Sebab, ketika itu, eks ibukota kabupeten Luwu ini baru saja menjadi kota otonom.

Salah satu prestasi menonjol HPA Tenriadjeng kala itu, di periode pertama memimpin Palopo, yakni Kota Palopo meraih piala adipura pertama.

Prestasi demi prestasi ditorehkan Mr Tenri, sehingga eks ibukota Luwu ini dijuluki kota Idaman.

Beberapa bangunan monumental yang saat ini masih berdiri kokoh di Kota Palopo dibangun HPA Tenriadjeng, diantaranya Gedung Saodenrae Convention Centre, Gedung Kesenian, termasuk City Market Palopo yang kini jadi pusat perekonomian terbesar di Kota Palopo.

Salah satu program HPA Tenriadjeng yang sangat fenomenal di masa kepemimpinannya, yang sangat menyenangkan dan menyentuh warga miskin, yakni gerebek sahur.

Kegiatan ini dilaksanakan usai salat tarwih sampai jelang makan sahur, setiap bulan suci Ramadhan. Tenriadjeng turun langsung bersama camat dan lurah membagikan sembako dan paket lebaran kepada warga kurang mampu secara door to door. (*/Sya)

ADVERTISEMENT