Tidak Pakai Tauge, 50 Tahu Goreng Isi Ganja Diselundupkan Masuk Lapas

71
ADVERTISEMENT

ADA ada saja “ide kreatif” pecandu Narkoba untuk memenuhi hasratnya.

Baru-baru ini petugas jaga di Lapas 1 Malang, Jawa Timur, berhasil menggagalkan upaya penyelundupan tahu goreng isi ganja.

ADVERTISEMENT

Mengutip Antara, Kepala Kanwilkumham Jatim Krismono mengatakan upaya penyelundupan itu terjadi pada Rabu (27/1).

Kasus itu terungkap ketika petugas Lapas I Malang sekitar pukul 12.50 WIB memeriksa barang layanan kunjungan drive thru.

ADVERTISEMENT

“Pada saat petugas melaksanakan penggeledahan barang bawaan tiga orang yakni Anik Nur Janah dengan Mamik Winarsih dan Abdul Hamid berupa tahu goreng,” sebut Kris.

Ia mengatakan dari tiga pengiriman barang itu, petugas yang memantau mesin pemindai (X Ray) melihat kejanggalan di sela-sela bungkusan tahu goreng.

ADVERTISEMENT

“Kemudian petugas pemindai beserta petugas penggeledahan barang melakukan penggeledahan barang titipan lebih teliti untuk memastikan isi dalam makanan tahu goreng,” katanya.

Setelah isi tahu dikeluarkan, kata dia, ternyata di dalam tahu terdapat barang terlarang yang diduga narkotika jenis ganja.

Ia menjelaskan, pihak lapas kemudian mengamankan barang bukti dan melaporkannya ke Polresta Malang.

“Petugas juga melakukan pemeriksaan terhadap warga binaan yang menjadi tujuan barang titipan dimaksud,” ucapnya.

Dari pemeriksaan fisik, petugas menemukan 50 paket ganja di dalamnya.

Detailnya, ada 11 paket ganja kering pada bungkusan tahu goreng pertama. Kemudian bungkusan tahu goreng kedua berisi 23 paket ganja kering, dan bungkusan ketiga berisi 16 paket ganja kering.

Selain tahu goreng isi ganja di Malang, Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjenpas Rika Aprianti menyatakan pada hari yang sama telah digagalkan pula upaya penyelundupan Narkoba dengan cara lempar di Lapas Khusus Narkotika Kelas IIA Jayapura, Papua, tulis CNN Indonesia.

(*/har)

ADVERTISEMENT