Tiga Desa Wisata Kabupaten Luwu Timur Lolos 300 Besar ADWI 2023

165
ADVERTISEMENT

LUTIM — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (KemenParekraf) Republik Indonesia kembali mengumumkan nama-nama Desa Wisata yang masuk peringkat 300 besar ADWI 2023. Khusus untuk Provinsi Sulawesi Selatan, sebanyak 31 Desa Wisata berhasil masuk dalam 300 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023, dan untuk Kabupaten Luwu Timur kembali meloloskan 3 Desa Wisatanya.

Ketiga desa wisata tersebut adalah Desa Wisata Tabarano (Kecamatan Wasuponda), Desa Wisata Hawaii Atue (Kecamatan Malili), dan Desa Wisata Wita Morini (Desa Ledu-Ledu, Kecamatan wasuponda). Menurut Menteri Parekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno dalam video pengumumannya di akun Instagram @kemenparekraf.ri mengatakan, ADWI 2023 dalam mewujudkan Desa Wisata yang berkelas dunia untuk Indonesia Bangkit (World Class Tourism) masih dalam tahap kurasi.

ADVERTISEMENT

“Sebelumnya saya telah mengumumkan 500 Besar Desa Wisata ADWI 2023 dari seluruh provinsi di Indonesia. Kini, pada tahap selanjutnya dengan bangga saya umumkan 300 Besar Desa Wisata ADWI 2023,” tuturnya. “Selamat saya ucapkan kepada 300 besar desa wisata ADWI 2023, jadikan pencapaian ini sebagai motivasi untuk terus mengembangkan desa wisata yang berkualitas dan berkelas dunia,” pesan Sandiaga dalam video pengumuman tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Luwu Timur, Andi Tabacina Akhmad mengucapkan selamat kepada 3 Desa Wisata Lutim yang berhasil lolos 300 besar ADWI 2023. “Semoga ada yang berhasil menembus 75 besar sebagai puncak kurasi ADWI 2023, dan mampu mengikuti jejak sukses Desa Matano tahun lalu,” kata Andi Tabacina, Senin (20/03/2023).

ADVERTISEMENT

Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup ini memohon dukungan berupa doa masyarakat Kabupaten Luwu Timur “Mohon doa ta’ semua, smoga ada lagi perwakilan Luwu Timur pada ADWI 2023 ini. Tinggal satu pengumuman lagi,” tandas Andi Tabacina Akhmad. (rls/roy)

ADVERTISEMENT