Tiga Hari Lagi, Paslon Jajal Kemampuan “Speaking” di Debat Publik Pilkada Lutra, Sayangnya……..

603
ADVERTISEMENT

MASAMBA– Jika tidak ada aral melintang, tiga kandidat bupati dan wakil bupati Luwu Utara, bakal unjuk kebolehan dalam berkomunikasi saat menjual program unggulan mereka dalam debat publik di Hotel Four Season di Makassar.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Jalannya debat yang tayang di Kompas TV itu bisa anda saksikan di layar televisi maupun gadget dan monitor komputer anda, pada Minggu, 22 November 2020 mulai pukul 15.00 Wita, hingga tuntas.

ADVERTISEMENT

Debat Publik Pilkada Lutra mengusung tema Luwu Utara yang Religius dan Berkeunggulan, yang bakal dipandu oleh presenter cantik, Liviana Cherlisa.

Sementara itu, Pengamat Komunikasi dan Media, Ishak Yswandi menyayangkan acara debat publik ini harus dilaksanakan di ibukota provinsi dengan berbagai alasan, sehingga membuat atmosfir Pilkada yang sesungguhnya menjadi terdegradasi, yang dikhawatirkan membuat antusiasme warga saat pencoblosan menjadi ikut berkurang, yang dapat berdampak pada menurunnya angka partisipasi pemilih saat hari H pencoblosan nanti.

ADVERTISEMENT

“Yang disayangkan mengapa harus ada Debat Kandidat yang bisa membuat euforia publik menjadi berkurang karena pemilihan tempatnya yang cukup jauh. Harusnya Debat Kandidat ini dibuat di Masamba saja, dan tidak harus live di stasiun televisi. Kita berada di zaman teknologi digital. Acara Debat bisa dibuat di KPU sendiri secara live di jejaring Sosial Media atau Youtube, yang bisa menghemat anggaran, daripada hanya menghabiskan anggaran besar tapi gregetnya bagi calon Pemilih berkurang, edukasinya tidak maksimal,”

“Atmosfir Pilkada 2020 ini tidak dirasakan benar oleh masyarakat Lutra, sejak adanya pandemi Covid-19, apalagi kampanye terbuka dengan jumlah massa besar ditiadakan, yang hanya menguntungkan pihak Petahana saja. Harusnya KPU lebih fair dengan memberikan waktu yang lebih banyak pada Paslon untuk berkreasi memanfaatkan jadwal kampanye terbuka yang “dihilangkan” tersebut dengan kegiatan lain yang walaupun massif tapi tetap terukur dan memenuhi standar Protokol Kesehatan.”

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Untuk diketahui, Debat Publik ini sendiri akan berlangsung dalam 6 sesi debat, dimana pada sesi terakhir yakni closing statement, Paslon nomor urut 3 yakni Arsyad Kasmar-Andi Sukma akan mendapat jatah paling duluan dengan durasi 2 menit.

Disusul closing statement dari Paslon nomor urut 1, M Tahar Rum-Rahmat Laguni (MTR-RL) dan terakhir Paslon nomor 2 yang juga petahana, Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (BISA) akan tampil paling akhir saat memberikan ‘pernyataan penutup‘ di Debat Publik yang berdurasi dua jam itu. (iys)

ADVERTISEMENT