Tiga Karya Inovatif Siswa SMKN 2 Palopo Dipamerkan di Gebyar Makassar

365
SMKN 2 Palopo terpilih untuk mengikuti Pameran yang bertajuk gebyar SMK 2021 di Makassar. (Foto : SMKN 2 Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-76, SMKN 2 Palopo terpilih untuk mengikuti Pameran yang bertajuk gebyar SMK 2021 di Makassar. Kegiatan ini yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan dari tanggal 25-27 Nopember 2021. Kegiatan ini berlangsung di Nipah Mall Makassar, beberapa waktu lalu.

Kepala Sekolah SMKN 2 Palopo, Nobertinus melalui Abdullah Saleng menjelaskan SMKN 2 Palopo memamerkan karya inovatif di bidang Teknologi yaitu Lift Pengangkat Barang gedung bertingkat yang diciptakan oleh siswa Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Listrik.

ADVERTISEMENT

“Sementara jurusan Analisis Pengujian Laboratorium unjuk karya dengan Sabun Laundry yang memiliki kemampuan mencuci pakaian dengan sangat bersih yang dilengkapi dengan aroma wangi khas, juga menyertakan Hand Sinitizer hasil racikan siswa APL sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan sekolah untuk mencegah penularan Covid-19,” kata Abdullah Saleng.

Ia menambakan, sedangkan kompetensi Keahlian Teknik Komputer Jaringan menghadirkan karyanya yang diberi nama VOIP (Voice Of Internet Protocol).

“Sebenarnya masih banyak karya dari kompetensi keahlian yang lain yang ada di SMK Negeri 2 Palopo yang tidak kami tampilkan karena keterbatasan ukuran stand yang disediakan oleh Panitia. Jadi kami hanya membawa karya dari Kompetensi Keahlian TITL, APL dan TKJ saja,” ungkapnya.

“VOIP sebuah sistem yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh, secara jauh/secara langsung. Melalui koneksi internet, tidak lagi menggunakan saluran telepon konvesional yang melakukan transmisi secara analog,” terang Nobertinus.

Pameran itu dikunjungi Andi Ernawati, Kepala Bidang Pembinaan SMK Disdik Prov Sulsel. (ayb/liq)

ADVERTISEMENT