Tim Dayung Pra Porda Palopo Genjot Latihan, Begini Kendala yang Dihadapi

270
Tim Dayung Pra Porda Palopo tekun menjalani latihan fisik setiap hari dengan kendala yg tidak sedikit dihadapinya. (Foto: Dok. PODSI Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO–Sejak beberapa pekan ini, Tim Dayung Pra Porprov (Porda) kota Palopo mulai menggenjot latihan di kawasan perairan pelabuhan Tanjung Ringgit Palopo.

Dipantau Koran Seruya, Selasa 8 Juni 2021, sebanyak 20 orang dari 30 Tim Dayung di bawah naungan cabang olahraga (cabor) PODSI kota Palopo melakukan latihan fisik di bawah panas terik matahari.

ADVERTISEMENT

Pelatih Dayung Tim PODSI Palopo, Djody Winarso M.Pd, mengatakan, jumlah atletnya yang akan mengikuti kejuaraan Pra Porda sebanyak 30 orang. Mereka akan turun di nomor Rowing, Kayak, Canoe dan Dragon Boat.

Saat air laut surut, maka bentuk latihan oleh PODSI Palopo diganti dengan simulasi. (Foto: Ist) 

Sedangkan Pengurus dan Pelatih sebanyak 7 orang, antara lain Tanca (Pelatih Canoe) , Irhamsyah (Pelatih Kayak), Amaluddin (Pelatih Dragon Boat) dan Susilowati, S. Sos (Pelatih Rowing) yang bakal mensupport tim tersebut guna memenuhi target lolos dan diharapkan dapat mengulang sukses di event Porda Pinrang 2018 lalu, dimana saat itu Tim Dayung Palopo berhasil meraih 12 medali emas.

ADVERTISEMENT

“Kita berharap dengan banyak keterbatasan dan kendala misalnya kendala pemenuhan gizi atlet, sarana prasarana, termasuk keterbatasan dana, Tim ini bisa kembali menangguk hasil maksimal,” ujar Djody.

Ia juga mengatakan, “soal kendala gizi atlet, perlu diketahui bahwa rata rata atlet dayung di kota Palopo kebanyakan berasal dari keluarga menengah ke bawah sementara kalori yang dibutuhkan atlet dayung kadar kalorinya cukup tinggi, Sarpras yang tidak mencukupi dengan jumlah atlet yang ada sehingga latihan dilakukan secara bergantian, hal ini juga menjadi kendala setiap event Porda/Porprov,” keluh Djody, yang sukses sebagai Pengurus yang paling banyak mencetak Atlet berbakat dari olahraga bahari itu, sekaligus Cabor penyumbang medali terbanyak bagi kontingen kota Palopo di Porda Pinrang 2018 lalu.

(iys)

ADVERTISEMENT