Tim Geolog Teliti Lubang Besar Menganga di Maros, Kian Melebar, Mau Tau Apa Dibawahnya?

931
Warga Desa Lebbo Tengae, Maros, Sulsel, digegerkan oleh lubang raksasa. Lubang itu kini jadi misteri lantaran diameternya terus bertambah.
ADVERTISEMENT

MAROS–Warga Desa Lebbo Tengae, Maros, Sulsel, digegerkan oleh lubang raksasa. Lubang itu kini jadi misteri lantaran diameternya terus bertambah.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Laporan soal adanya lubang raksasa ini diceritakan oleh warga bernama Mappiare (40) . Mulanya dia melihat asap membubung dari area sawah. Tetapi selang beberapa menit, suara gemuruh terdengar sehingga membuat warga kaget. “Lalu saya mendekat dan melihatnya, ternyata sudah berlubang dalam. Tapi lebarnya masih kayak sumur biasa,” kata Mappiare dilansir Detikcom.

Ketika itu, Mappiare memperkirakan kedalaman lubang 50 meter dengan diameter awal sekitar 2 meter. Namun kemudian, diameternya terus membesar hingga perkiraan terbaru mencapai 20 meter. “Itu tanahnya turun terus ke dalam air, makanya tambah lebar. Ini masih berjatuhan terus ke dalam, bisa jadi ini semakin lebar,” lanjut Mappiare.

Kepala Desa Lebbo Tengae menunggu tim ahli geologi dari Universitas Hasanuddin (Unhas) untuk memastikan penyebab terjadinya lubang raksasa itu. Guna mengantisipasi adanya korban, garis polisi juga makin diperluas di area lubang hingga tiga meter dari sebelumnya. Bahkan, polisi juga mengimbau warga tidak mendekati lubang dari jarak 300 meter.

ADVERTISEMENT

“Kita sudah melaporkan sejak kemarin dan kita masih tunggu tim geologi dari Unhas untuk memastikan penyebabnya,” Tengae.

Sementara itu, tim dari Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) sudah memantau lokasi lubang raksasa yang muncul tiba-tiba di area persawahan. Berdasarkan pengamatan awal, geolog dari Universitas Hasanuddin (Unhas) menduga ada sebuah rongga besar di dalam lubang yang menyerupai gua.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

“Dugaan awal itu kita ketahui, Maros ini merupakan satuan batuan formasi tonasa yang disusun oleh batu gamping. Nah air hujan kan mengandung zat asam sehingga terjadi pelarutan,” kata geolog ahli permukaan bawah tanah, Jamal Rauf Husain, Selasa (24/12/2019).

Meski demikian, tim geologi belum bisa memastikan penyebab fenomena alam itu. Menurut dia, kemunculan lubang raksasa kerap terjadi. Dia mengimbau warga tidak mengaitkan fenomena di Maros dengan likuefaksi di Palu. “Kita belum pastikan karena ini membutuhkan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan alat tentunya,” lanjutnya.

Pihak kepolisian terus memperluas wilayah pengamanan dengan memasang garis polisi di area lubang hingga 10 meter. “Ini untuk menjaga hal yang tidak diinginkan. Makanya kami perluas garis polisi. Kami juga larang warga mendekat di radius 150 meter. Kita standby-kan petugas berjaga di sini karena memang berbahaya bagi warga yang datang ke sini,” kata Kapolsek Camba, AKP Haedar Muis. (*/tari)

ADVERTISEMENT