Tingkatkan Kecakapan Guru, Tenaga Pengajar SMPN 7 Palopo Ikuti Pengimbasan Aplikasi Canva

87
SMPN 7 Palopo menggelar Workshop Pengimbasan Aplikasi Canva sebagai media pembelajaran, Sabtu (04/02/2023). (Foto : Michael Gani)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Dalam rangka meningkatkan kecakapan guru dalam dunia digitalisasi, SMPN 7 Palopo menggelar Workshop Pengimbasan Aplikasi Canva sebagai media pembelajaran, Sabtu (04/02/2023).

Kepala SMPN 7 Palopo, Ipik Jumiati mengungkapkan bahwa saat ini Kementerian Pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi (Kemendikbud) mengimbau kepada seluruh sekolah untuk lebih aktif di Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan dalam aplikasi PMM tersebut ada yang harus menggunakan canva untuk memudahkan pekerjaan.

ADVERTISEMENT

“Melalui Workshop ini, kita berharap agar guru lebih mudah dalam mengapload aksi nyata pada aplikasi PMM. Sebenarnya banyak aplikasi lain yang dalam digunakan, namun Aplikasi Canva ini memiliki fitur yang cukup lengkap yang disediakan berbagai template dan video yang lebih simpel untuk digunakan dan tampilannya lebih menarik,” ungkapnya.

Workshop Pengimbasan Aplikasi Canva tersebut dibawakan dua guru yang telah mengikuti pelatihan Canva pada akhir 2022 lalu yaitu Nasaruddin dan Awalya yang langsung memberi materi sekaligus mendampingi guru lainnya agar lebih mudah memahami aplikasi canva tersebut.

ADVERTISEMENT

Ipik Jumiati menambahkan salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah memiliki akun belajar yang dapat terhubung dengan akun lainnya dan dapat langsung diupload ke PMM sehingga semua guru dapat melihat hasilnya sekaligus bisa memberikan komentar tentang hasil pembelajaran yang telah dibuat tersebut.

“Khusus untuk akun belajar dapat diakses dengan free dan memiliki banyak template namun harus login dengan menggunakan jaringan” tambahnya. Kedepannya SMPN 7 akan tetap melakukan pendampingan kepada guru agar lebih mahir lagi dalam menggunakan aplikasi canva agar meningkatkan kualitas belajar di SMPN 7 Palopo. (mic)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT