Tingkatkan Kesadaran Siswa Berlalulintas, SMKN 1 Palopo Gelar Sosialisasi Safety Riding

47
SMKN 1 Palopo bekerjasama dengan Satlantas Polres Palopo dan Universitas Mega Buana menggelar sosialisasi Safety Riding, Rabu (25/01/2023). (Foto : Michael Gani)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan keselamatan berkendara, SMKN 1 Palopo bekerjasama dengan Satlantas Polres Palopo dan Universitas Mega Buana menggelar sosialisasi Safety Riding, Rabu (25/01/2023)

Kepala Unit (Kanit) Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Satlantas Polres Palopo, Aiptu Yulius S yang hadir sebagai narasumber mengatakan bahwa kegiatan ini sangat positif bagi siswa agar mengetahui aturan dan cara yang benar dalam berkendara di jalan.

ADVERTISEMENT

“Seperti yang kita ketahui usia remaja 16 hingga 17 tahun, banyak anak-anak kita yang berkendara tanpa memahami tahapan-tahapan yang benar, diantaranya banyak yang belum cukup usia mengendarai kendaraan bermotor dan tidak memiliki SIM. Untuk itu sosialisasi Safety Riding ini sangat penting bagi Remaja, saat ini Satlantas Polres Palopo intens mengadakan operasi untuk pelanggar yang tidak kasat mata demi menciptakan kesadaran berkendara,” katanya.

Selain Safety Riding, Satlantas Polres Palopo juga membawakan materi Keamanan, Keselamatan, Ketertiban Dan Kelancaran dalam berlalu lintas (kamseltibcar) yang menjelaskan tentang kelengkapan kendaraan bermotor mulai dari spion, plat, lampu dan penggunaan helm.

ADVERTISEMENT

Sementara itu Aipda Agus Ralin yang turut Hadir mengatakan bahwa angka kecelakaan usia remaja cukup tinggi. “Kami berharap agar remaja tidak ugal-ugalan dijalan dan tidak melakukan aksi Freestyle dan balapan liar dijalan karena mengancam keselamatan dan mengganggu pengguna jalan lainnya” Ungkap Aipda Agus.

Sementara itu Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMKN 1 Palopo, Burhan Rondis berterimakasih kepada Polres Palopo melalui Satlantas yang hadir langsung memberi edukasi kepada siswa SMKN 1 Palopo, dan juga mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat UMB Palopo.

ADVERTISEMENT

“Semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut kedepannya karena safety riding ini sangat penting bagi siswa sehingga harus dimaksimalkan demi keselamatan berlalulintas” ungkapnya.

Kedepan, SMKN 1 Palopo akan mensosialisasikan Safety Riding ini kepada seluruh siswa SMKN 1 Palopo melalui Upacara Bendera dan kegiatan kesiswaan lainnya. (mic)

ADVERTISEMENT