Tingkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa, SMPN 7 Palopo Gelar Workshop Penyusunan Soal Berdiferensiasi

61
ADVERTISEMENT

PALOPO — SMPN 7 Palopo menggelar workshop Penyusunan Soal-soal berdiferensiasi, untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran, Sabtu (16/10/2021).

Workshop diikuti seluruh Guru SMPN 7 Palopo, dan yang menjadi Narasumber adalah Sukawati Umar, Kepala SMPN 6 Palopo.

Sitti Hadijah, Kepala SMPN 7 Palopo, mengatakan, kegiatan itu merupakan rangkaian kegiatan yang harus ia laksanakan setelah dirinya dinyatakan lolos pada tes calon Kepala Sekolah yang dilaksanakan Pemerintah Kota Palopo, beberapa waktu lalu.

“Ini masih rangkaian kegiatan setelah saya dinyatakan lolos sebagai Kepala Sekolah,” akunya. Setelah Acara dibuka secara resmi Sukawati Umar, langsung memberikan materi kepada guru SMPN 7 Palopo. Tentang bagaimna menyusun soal-soal dengan baik.

ADVERTISEMENT

Pembelajaran berdiferensiasi (bahasa Inggris: differentiated instruction) adalah proses atau filosofi untuk pengajaran efektif dengan memberikan beragam cara untuk memahami informasi baru untuk semua siswa dalam komunitas ruang kelasnya yang beraneka ragam.

Termasuk cara untuk mendapatkan konten, mengolah, membangun, atau menalar gagasan, dan mengembangkan produk pembelajaran dan ukuran penilaian sehingga semua siswa di dalam suatu ruang kelas yang memiliki latar belakang kemampuan beragam bisa belajar dengan efektif. Proses mendiferensiasikan pelajaran dilakukan untuk menjawab kebutuhan, gaya, atau minat belajar dari masing-masing siswa. (hwn/liq)

ADVERTISEMENT