Tingkatkan Kompetensi, Tiga Dosen UM Palopo Ikuti Ujian Sertifikasi Ahli Akuntansi

154
Dosen Universitas Muhammadiyah Palopo mengikuti ujian sertifikasi Certified Government Accounting Associate (US-CGAA). (Foto : Haswan Seruya)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Universitas Muhammadiyah Palopo terus berbenah untuk menjadi perguruan tinggi terbaik di Luwu Raya. Terbaru, dosen Prodi akuntansi mengikuti ujian sertifikasi Certified Government Accounting Associate (US-CGAA) atau ujian sertifikasi ahli akuntansi pemerintahan Daerah, yang dilaksanakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Pusat.

Ujian yang berlangsung di Graha Akuntan Jakarta, dilaksanakan tanggal 16-17 November 2021 lalu. Tiga orang Dosen yang mengikuti ujian sertifikasi tersebut diantaranya Sultan, SE, M.Ak, Sahrir, SE, M.Ak, dan Riyanti, SE, M.Ak.

ADVERTISEMENT

Kegiatan ini diikuti sebagai komitmen Prodi akuntansi UM Palopo, untuk meingkatkatkan kualifikasi dosen ahli di bidang akuntansi pemerintahan Daerah, mengingat UM Palopo, terletak di suatu Daerah.

Ketua Prodi Akuntansi UM Palopo, Halim Usman, SE, M.Si, CSRS, CSRA mengatakan tujuan sertifikasi ini diikuti agar dosen memiliki kompotensi mengenai pengelolaan keuangan Negara.

“Tujuan dosen kami mengikuti kegiatan ini agar mereka mempunyai kompetensi terkait pengelolaan keuangan Negara yang meliputi perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan termasuk kemampuan menyusun dan menyajikan laporan keuangan pemerintah Daerah, yang transparan dan akuntabel sesuai dengan standar Akuntansi Pemerintahan,” katanya, Kamis (16/12/2021).

“Kegiatan ini juga merupakan rangkaian Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) dari Tahun 2021 sebagai upaya peningkatan kualitas Dosen,” lanjutnya.

Dia juga mengatakan ujian tersebut merupakan salah satu poin utama indikator kinerja Perguruan Tinggi. “Kegiatan ini juga sebagai salah satu poin utama Indikator kinerja utama Perguruan Tinggi,”tambahnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Palopo, Hapid, SE, MM mengatakan kegiatan sertifikasi telah banyak diikuti oleh dosen-dosen akuntansi dan manajemen UM Palopo.

“Seperti sertifikasi Certified Risk Management Professional (CRMP), sertifikasi Certified Digital Marketing (CDM), Certified Practitioner of Internal Audit ( CPIA ) atau Praktisi Audit Internal Bersertifikat, Certified Professional Human Capital Management (CPHCM), dan juga sertifikasi bidang IT, menyusul sertifikasi laporan dan pustakawan,” jelasnya.

“Semua itu bertujuan untuk menambah nilai Dosen itu sendiri secara luas khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Palopo ini,” pungkasnya. (hwn/liq)

ADVERTISEMENT