Tingkatkan Kreativitas, Siswa SMP 8 Palopo Melukis di Gelas

479

PALOPO – Untuk meningkatkan kreativitas, siswa SMPN 8 Palopo membuat kreasi pada gelas. Mereka yang terdiri dari kelas 9 tersebut masing-masing membuat lukisan pada gelas yang sudah mereka bawa dari rumah masing-masing.

Kegiatan pembuatan lukisan di gelas merupakan satu dari sekian kreasi yang digagas oleh para guru dalam mendidik siswanya. Hal tersebut bertujuan untuk memberdayakan para siswa agar bisa kreatif dan mandiri.

Nurhidayah, Guru SMPN 8 Palopo yang mendampingi para siswa mengatakan kegiatan tersebut tidak hanya terfokus pada kegiatan melukis. Namun hal positif lain yang bisa diambil adalah para siswa belajar membuat gambar secara detail dan rapi.

“Ini pelajaran seni budaya, siswa melukis di media kaca. Kita pakai gelas supaya mudah. Jadi selain kita ajar berkreasi, hal tersebut juga baik untuk melatih siswa agar lebih teliti dan rapi,” katanya.

Melukis pada sisi gelas ini dipilih karena bahan yang dibutuhkan tidak sulit didapatkan. Selain itu, cara pembuatannya yang tidak sulit juga membuat para siswa dapat cepat memahami proses pembuatan kerajinan tangan tersebut.

“Bahan-bahannya sangat mudah dicari. Hanya gelas, cat air juga beberapa peralatan seperti kuas dan lainnya. Murah meriah,” tambahnya.

Dalam pembuatan tersebut terlihat para siswa antusias mengerjakan lukisannya masing-masing. Macam-macam motif karya lukisan seperti gambar doraemon, bunga dan sebagainya. (apl/liq)