Tingkatkan Kualitas Kader UKS, Siswa SMPN 4 Palopo Diberi Pelatihan Kesehatan Remaja

65
Unit Kesehatan Sekolah (UKS) SMPN 4 Palopo berkerjasama dengan Puskesmas Benteng melaksanakan pelatihan kesehatan remaja. Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas kader UKS. (Foto : Dok. SMPN 4 Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Unit Kesehatan Sekolah (UKS) SMPN 4 Palopo berkerjasama dengan Puskesmas Benteng melaksanakan pelatihan kesehatan remaja. Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas kader UKS.

Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pelaksanaan dan penggerak Tri Program UKS di SMPN 4 Palopo.

ADVERTISEMENT

Tugas dari kader kesehatan remaja ini, yakni menyampaikan informasi yang telah didapatkan dari pelatihan sehingga menjadi perpanjangan tangan dari petugas kesehatan.

Hal itu disampaikan Kepala SMPN 4 Palopo, Kartini Alwi melalui Maryam bidang Humas. Dia mengatakan dari pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan secara optimal di tingkat sekolah.

ADVERTISEMENT

“Para peserta yang mengikuti diklat KKR dapat menerapkan dan mempraktekkan dengan baik apa yang diajarkan pada kegiatan tersebut, baik untuk diri sendiri, lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat,” katanya

Ia menambahkan, Peran KKR dalam memelihara, membina, meningkatkan dan melestarikan kesehatan lingkungan sekolah sangat menentukan.

“Untuk itu pihak sekolah dalam menunjuk dan menetapkan siswa yang akan jadi KKR haruslah siswa yang berprestasi, memiliki watak pemimpin, berperilaku sehat (PHBS), bertanggung jawab dan telah mendapat pelatihan dari petugas kesehatan dari Puskesmas,” jelasnya.

“Karena nantinya KKR tersebut akan bertindak, berbuat dan berperilaku sehat baik di sekolah, di rumah maupun di lingkungan masyarakat. Materi ini lansung disampaikan oleh tim dari Puskesmas,” pungkasnya. (ayb)

ADVERTISEMENT