Tingkatkan Kualitas Kesehatan Sekolah, Pembina UKS/M di Palopo Diberi Pelatihan

30
Sekretaris Daerah Kota Palopo, H Firmanza DP mewakili Walikota Palopo membuka pelatihan tenaga medis UKS/M (usaha kesehatan sekolah/madrasah) se-Kota Palopo Tahun 2022. Kegiatan itu berlangsung di Auditorium Sakotae, Rabu, (14/12/2022). (Dok. Pemkot Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Sekretaris Daerah Kota Palopo, H Firmanza DP mewakili Walikota Palopo membuka pelatihan tenaga medis UKS/M (usaha kesehatan sekolah/madrasah) se-Kota Palopo Tahun 2022. Kegiatan itu berlangsung di Auditorium Sakotae, Rabu, (14/12/2022).

Pelatihan itu mengusung tema Tanamkan hidup bersih dan sehat sejak dini. Pelatihan tenaga medis UKS/M ini upaya terpadu lintas program dan lintas sektoral dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan.

ADVERTISEMENT

Keberhasilan pembinaan dan pengembangan usaha kesehatan sekolah/madrasah yang terlihat dan tercermin pada perilaku hidup bersih dan sehat khususnya peserta didik dan umumnya pada masyarakat sekolah.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Palopo, Lukman mengatakan tujuan kegiatan itu adalah untuk penyatuan persepsi tentang bagaimana pembinaan UKS/M di sekolah.

ADVERTISEMENT

“Sebagaimana menjadi harapan Pemerintah Kota Palopo bahwa di sekolah-sekolah harus disiapkan pembina UKS/M dalam rangka memberikan pelayanan terhadap warga sekolah baik itu peserta didik pendidik maupun tenaga kependidikan yang ada di sekolah yang telah ditunjuk,” katanya.

Selain itu, Pelatihan UKS/M diharapkan dapat meningkatkan kapasitas petugas pembina UKS/M.

ADVERTISEMENT

“Walikota sangat menginginkan dan senantiasa mengaungkan Kota Palopo sebagai daerah wisata kesehatan, tentunya ini menjadi perhatian kita semua dan menjadi amanah kita bersama untuk dilaksanakan,” ujarnya.

Sementara itu, H Firmanza DP mengatakan dengan mengacu pada sektor kesehatan secara langsung akan memberikan dampak pada peningkatan SDM di Palopo. Peran UKS/M bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam prestasi belajar peserta didik dengan memberikan bekal pengetahuan terlebih dahulu kepada pelaksana UKS/M, salahsatunya petugas medis.

Hal tersebut akan melengkapi unsur penting dalam kegiatan UKS/M karena petugas medislah yang akan memberikan pertolongan pertama kepada siswa dan juga yang memberikan pemahaman hidup bersih dan sehat pada semua yang ada dalam lingkup sekolah.

Lebih lanjut, Sekda menjelaskan kunci sukses kegiatan UKS/M terletak pada berbagai program kerja dan metode pembimbing.

“Saat ini menjadi tugas dan tanggung jawab tim pembina UKS/M ini merupakan salah satu program andalan bapak Walikota, bagaimana di semua sekolah menyiapkan petugas UKS, inilah program yang kemudian bisa menjadikan Palopo menjadi salah satu Kota yang berpredikat Kota layak anak,” jelas Firmanza DP.

Sekda juga mengungkapkan harapan Walikota Palopo agar apa yang telah diraih dan tercapai tetap dipertahankan.

“Keinginan Pemerintah untuk menjadikan Palopo sebagai salah satu rujukan Kota yang paling baik dalam pelayanan kesehatannya, dimana penyumbang terbesar perputaran ekonomi Kota Palopo adalah dari sektor kesehatan,” pungkasnya.

Turut hadir, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Palopo dr Hj Utia Sari Judas, segenap pejabat fungsional KESRA Palopo, Petugas/Pembina UKS/M se-Kota Palopo, para Perwakilan Puskesmas se-Kota Palopo dan para peserta pelatihan. (mic)

ADVERTISEMENT